Jakarta – Dibutuhkan banyak pertimbangan untuk bisa menentukan sebuah langkah agar tidak memberatkan di masa depan. Terutama jika berbicara mengenai momongan.

Pertimbangan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Menambah Momongan

Ketika anak sudah mulai menanyakan kapan ia bisa punya adik, maka kamu dan suami harus mulai memikirkan untuk menambah momongan. Tetapi, keputusan tersebut baiknya diikuti oleh banyak pertimbangan, Moms. Berikut lima hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menambah anak:

Kesiapan
Ada sebagian ibu yang masih trauma dengan kelahiran anak pertama sehingga ia belum siap untuk melahirkan lagi. Pastikan kamu mengenali kesiapan mentalmu sebelum mengambil keputusan.

Usia
Kondisi tubuh ditentukan oleh usia. Jika kondisi tubuh dirasa kurang memungkinkan untuk menambah anak, maka sebaiknya pikirkan kembali atau konsultasikan kepada dokter.

Jeda Usia Anak
Biasanya hal ini berkaitan dengan biaya pendidikan dan lain sebagainya. Maka, perhitungkan rentang terbaik untuk usia anak-anakmu sebelum menambah anak.

Pilihan Bersama
Yang terpenting adalah keputusan menambah anak disetujui pula oleh suami. Jika hanya salah satu pihak saja yang menginginkan, ditakutkan akan ada masalah di masa depan.

Keuangan
Bertambahnya jumlah anak, tentu berpengaruh terhadap jumlah uang yang dikeluarkan untuk pertumbuhan, pendidikan, dan kesehatannya. Pikirkan kembali dengan matang apakah kemampuan finansialmu dan suami dapat memenuhi kebutuhan anak jika kalian memilih menambah anak. (Tita Yanuantari – harianindo.com)