Boyolali – Presiden Joko Widodo baru saja merilis mobil Esemka Bima di pabrik perakitan mobil Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada hari Jumat (06/09/2019).

Harga Mobil Esemka Bima jenis pick up memiliki kisaran Rp 100 juta hingga Rp 150 juta. Saat ini baru ada dua jenis mobil Esemka Bima yakni kapasitas mesin 1.200 cc dan 1.300 cc.

Budi Karya Sumadi, selaku Menteri Perhubungan (Menhub) memastikan harga mobil Esemka kompetitif di pasar. Terlebih, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) diklaim sudah lebih dari 60 persen.

Menurut Budi sudah ada kurang lebih 12 tipe mobil Esemka yang lulus uji. Tetapi yang diproduksi saat ini baru ada dua.

“Jadi kalau tidak salah on the road itu Rp 110 juta sudah dapat mobil seperti itu dan multi fungsi. Karena bisa untuk angkutan penumpang juga,” jelas Menhub kepada wartawan di sela-sela acara tersebut.

“Yang membanggakan ini adalah produk dalam negeri. Harapan saya ini bisa diserap market. Apalagi produk yang dikeluarkan ini adalah produk untuk di pedesaan. Mengangkut barang-barang,” terangnya.

Menurut Budi angkutan barang di pedesaan sudah begitu intensif, tetapi produktivitasnya perlu ditingkatkan. (NRY-harianindo.com)