Bandung – Ridwan Kamil, selaku Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyambut kehadiran mobil Esemka. Saat ini mobil Esemka dirilis di pabriknya di Boyolali, Jawa Tengah.Riwan Kamil bantu siap populerkan mobil Esemka.

“Saya belum dapat kabarnya, tapi di mana produk dalam negeri berkualitas, pasti kita dukung, kembangkan dan tentunya produksi dalam negeri kebanggaan bersama,” kata RK di Gedung Sate, Kota Bandung.

RK mengaku belum memahami detail terkait mobilEsemka tersebut.Akan tetapi RK berjanji akan mempopulerkan mobil Esemka tersebut nantinya.

“Jadi menunggu teknisnya seperti apa, belum jelas speknya, berapa harganya. Kalau benar kita akan bantu mempopulerkan mobil kebanggaan Indonesia,” ungkap RK.

Di sisi lain, presiden Jokowi percaya bahwa mobil Esemka mampu bersaing dengan mobil lain di pasaran.

“Tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat sudah test, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan, apalagi yang impor,” ucapnya di pabrik milik PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Esemka Bima memiliki warna putih, sedangkan grille depannya dicat hitam. Mobil Esemka Bima bermesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm. (NRY-www.harianindo.com)