Surabaya – Aksi demonstrasi buruh juga terjadi di Surabaya. Di depan Gedung DPRD Jawa Timur pada Rabu (02/10/2019), massa aksi turun ke jalan sembari menyuarakan tuntutan mereka. Akan tetapi, ada hal yang menarik selama demo berlangsung.

Sejumlah personel polwan rupanya berdiri di tengah-tengah massa sembari membawa poster yang membuat para buruh tertawa. Bertujuan untuk mengimbau para aksi massa agar demo berjalan damai, poster-poster yang dibawa oleh para polwan bertuliskan kalimat-kalimat yang mengundang tawa.

Mulai dari kalimat “Buruhku Anti Rusuh”, ajakan Jogo Suroboyo dengan parikan atau pantun, hingga ajakan untuk berswafoto dengan polwan. Poster bertuliskan “Sing Tenang Oleh Selfie Karo Aku” pun menarik perhatian para massa. Langkah yang dilakukan oleh para polwan tersebut juga viral di media sosial.

Tak hanya tertawa, sebagian buruh dalam aksi tersebut juga berswafoto dengan personel polwan. Hal tersebut berlangsung sebelum massa aksi memulai unjuk rasa.

Berdasarkan keterangan dari Bripda Yola dari satuan Provos Bidang Propam Polda Jatim, diketahui bahwa Polda Jatim mengerahkan 50 personel polwan. Sementara dari Polrestabes Surabaya menerjunkan 100 hingga 200an polwan serta 20an polwan dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak turut mengamankan lokasi demo.

Dalam aksi tersebut, massa aksi menuntut agar Rancangan Perubahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dibatalkan. Selain itu, mereka juga meminta agar Pemprov Jatim mengeluarkan Peraturan Daerah agar menjamin pemberian pesangon. Pencabutan hasil revisi UU KPK juga menjadi tuntutan yang mereka suarakan. (Elhas-harianindo.com)