Jenewa – Aksi lelang dilakukan terhadap beberapa mobil mewah milik politisi Afrika yang diduga didapatkan dari tindak pidana korupsi. Koleksi mobil mewah yang dimiliki oleh Wakil Presiden Guinea Khatulistiwa, Teodoro Nguema Obiang Mangue, itu bahkan terjual dengan harga ratusan miliar.

Senin (07/10/2019) beberapa supercar mewah yang sudah dilakukan penyitaan dari Teodoro merupakan bagian dari aksi penyelidikan yang dilakukan oleh aparat setempat terkait dengan tindak pidana korupsi. Swiss, menjadi tempat pelelangan mobil-mobil mewah tersebut.

Lelang yang digelar oleh rumah lelang asal London, Bonhams, menawarkan 25 kendaraan yang diperoleh dari aksi penyitaan harta putra Presiden negara di Afrika Tengah tersebut.

Pada 2016 lalu, pihak berwenang Swiss telah melakukan penyitaan terhadap simpanan kendaraan mewah Obiang pasca dilakukan penyelidikan terkait dengan kasus pencucian uang. Salah satu jenis mobil miliknya yang dilelang adalah Lamborghini Vaneno. Mobil tersebut termasuk dalam jenis mobil edisi terbatas, satu dari sembilan unit yang diproduksi untuk merayakan ulang tahun Lamborghini ke-50.

Lamborghini Vaneno tersebut terjual dengan harga US$ 8,3 juta atau mencapai Rp 117 miliar. Padahal, mobil tersebut cuma ditaksir 4,5 juta euro atau Rp 71 miliar.

Selain itu, ada juga LaFerrari edisi terbatas yang juga turut dilelang dengan harga mencapai US$ 2,2 juta (Rp 31 miliaran), Koenigsegg One:1 US$ 4,6 juta (Rp 65 miliar), McLaren P1 US$ 1,1 juta (Rp 15 miliar), Aston Martin One-77 US$ 1,5 juta (Rp 21 miliar) serta Bugatti Veyron seharga US$ 1,3 juta (Rp 18 miliar).

Menurut pihak penyelenggara, Bonhams, semua dana hasil lelang tersebut diatasnamakan Pemerintahan Jenewa dan akan dipergunakan untuk keperluan sumbangan. (Hr-harianindo.com)