Jakarta – Jelang Musyarawah Nasional (Munas) Partai Golongan Karya (Golkar) pada 3 sampai 6 Desember 2019 nanti, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie berencana akan memaparkan sejumlah masukan strategis berjangka panjang. Salah satu usulan yang bakal dikemukakan pada saat Munas nanti adalah soal calon presiden untuk Pilpres 2024.

Menurutnya, Golkar pada kontestasi 2024 harus turut aktif dengan mengajukan kadernya sebagai calon presiden. Untuk itu, ia berharap agar para pengurus yang terpilih mampu mewujudkan gagasan tersebut.

“Dewan Pembina mengusulkan kepada DPP yang akan datang, bahwa Golkar harus mengusulkan calon presiden dari kader Partai Golkar sendiri pada tahun 2024,” kata Aburizal usai rapat Dewan Pembina Partai Golkar di Bakrie Tower, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Baca Juga: Jokowi: “Golkar Sudah Menjadi Tulang Punggung Kekuatan Pemerintah”

Nantinya, Dewan Pembina akan mengajukan usulan kepada para Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang terpilih untuk selanjutnya merumuskan mekanisme penentuan calon presiden dari kader Partai Golkar.

“Memikirkan mekanisme untuk dapat memilih siapa calon presiden yang akan diajukan oleh Partai Golkar pada 2024 yang akan datang,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Aburizal menyampaikan kepada para kader Partai Golkar agar mampu berpikir strategis jangka panjang. Tidak hanya terpaku pada pemilihan ketua umum saja.

“Kiranya mendapat perhatian dari peserta Munas, dan jangan hanya berpikir masalah pemilihan ketua umum saja. Tetapi justru berpikir sumbangsih Partai Golkar untuk negara dan bangsa ke depan dengan pemikiran-pemikiran,” ucap Aburizal.

Selain itu, Aburizal juga mengatakan bahwa rencananya, Dewan Pembina akan mengusulkan adanya peningkatan kualitas dari semua kader Golkar, terutama anggota fraksi di DPR. Ia meminta agar hal tersebut dijadikan bahas evaluasi melalui surat Dewan Pembina pada 28 Juni 2019 lalu.

“Evaluasi ini kalau tidak bisa ditelurkan di dalam Munas secara menyeluruh paling tidak dibicarakan secara garis besarnya dan kemudian dikerjakan oleh ketua umum, Dewan Pimpinan Pusat yang akan terpilih dalam Munas ini,” ujar Aburizal. (Elhas-harianindo.com)