Home > Ragam Berita > Ekonomi > Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Menguat Mendekati Rp 13.000 Per Dolar AS

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Menguat Mendekati Rp 13.000 Per Dolar AS

Jakarta – Rupiah terus menerus mengalami penguatan. Pembukaan perdagangan rupiah pada pagi ini terpantau positif akibat sentimen global yang positif.

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Menguat Mendekati Rp 13.000 Per Dolar AS

Seperti dilansir dari Bloomberg (Rabu, 2/3/2016), rupiah ibuka menguat ke posisi Rp 13.296 per USD jika dibandingkan dengan pergerakan perdagangan sebelumnya yang berada di posisi Rp 13.346 per USD.

Rupiah terus memantapkan posisinya dengan penguatan sebesar 33 poin atau sekitar 0,25 persen. Rupiah pun pada saat ini tercatat bertengger di posisi Rp 13.313 per USD.

Sementara itu gerak rupiah pagi ini berada di level Rp 13.296-Rp 13.319 per USD. Nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi ini memiliki year to date (ytd) return sebesar -3,44 persen.

Berdasarkan data Yahoo Finance, adapaun rupiah bergerak menguat 50 poin atau setara 0,38 persen dibandingkan posisi sebelumnya, dan parkir di level Rp 13.320 per USD.

Analis dari Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, memprediksikan rupiah masih melanjutkan tren penguatannya bersamaan dengan pelemahan USD terhadap kurs di Asia.

Selain itu, inflasi Februari 2016 yang diumumkan naik hanya memberikan efek negatif yang minimal terlihat juga dari imbal hasil SUN 10 tahun yang sedikit mengalami penurunan selang beberapa hari sebelumnya mengalami kenaikan.

“Sementara dari eksternal, harga minyak yang konsisten naik akan terus memberikan dorongan penguatan ke rupiah serta aset berdenominasi rupiah lainnya,” tambahnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Rencana Ditutupnya Dua Gerai Matahari Dikarenakan Tiga Hal Ini

Rencana Ditutupnya Dua Gerai Matahari Dikarenakan Tiga Hal Ini

Jakarta – PT Matahari Department Store Tbk dikabarkan akan seygera menutup dua gerainya yang berlokasi ...