Home > Teknologi > Gadget > Hati-Hati, Jangan Terburu Naikkan Sistem Operasi Android 8.0 Oreo

Hati-Hati, Jangan Terburu Naikkan Sistem Operasi Android 8.0 Oreo

Beijing – Google memang sudah merilis sistem operasi Android8.0 Oreo untuk smartphone tipe Nexus, Pixel, dan sejumlah perangkat dari merek lain. Meski demikian, Anda sebaiknya tidak terburu-buru dan menunda dulu niat untuk mengunduh pembaruan itu.

Hati-Hati, Jangan Terburu Naikkan Sistem Operasi Android 8.0 Oreo

Sebab, ada laporan yang mengindikasikan bahwa pembaruan Android 8.0 Oreo tersebut masih bermasalah dan bisa membuat smartphone mengalami malfungsi.

Sebagaimana diberitakan Uber Gizmo pada Jumat (22/9/2017), salah satunya adalah Artem Russakovskii dari Android Police. Dia menggunakan smartphone Google Pixel XL.

Menurut Artem Russakovskii, pasca memperbarui sistem operasi Google Pixel XL miliknya ke Android 8.0 Oreo, smartphone tersebut jadi sering melakukan reboot. Pola reboot itu terjadi secara acak dan dalam frekuensi yang sangat mengkhawatirkan.

Kemudian diketahui bahwa ternyata masalah tersebut tidak hanya terjadi pada Artem Russakovskii. Setelah Android Police mengadakan jajak pendapat melalui akun Twitter resminya, banyak pengguna yang mengeluh mendapat masalah serupa.

Masalah tersebut pun telah dilaporkan pada Google Issue Tracker, yakni alat pelacak bug dan fitur yang biasanya digunakan secara internal di masa pengembangan sebuah produk. Anehnya, laporan ini malah ditandai sebagai “won’t fix (not reproducible)”.

Hingga sekarang masih belum jelas masalah apa yang menyebabkan terjadinya malfungsi pada pembaruan itu. Namun beberapa pengguna yang sukses roll-back ke sistem operasi Android Nougat, tidak lagi menemukan masalah serupa. Artinya sumber masalah diduga kuat ada pada software Android Oreo. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

iPhone Dikabarkan Tidak Akan Pakai Lagi Layar OLED

iPhone Dikabarkan Tidak Akan Pakai Lagi Layar OLED

Cupertino – Flagship Apple tahun ini hadir dengan serangkaian gebrakan, mulai dari layar yang tanpa ...