Home > Gaya Hidup > Tips > Anak yang diasuh Ayah Akan Tumbuh Lebih Percaya Diri?

Anak yang diasuh Ayah Akan Tumbuh Lebih Percaya Diri?

Jakarta – Kehadiran orang tua dalam proses pertumbuhan anak adalah hal yang amat penting. Kehadiran mereka akan memberi kenyamanan dan memberi ketenangan dalam hidup tiap anak. Namun tahukah Anda jika beberapa anak memiliki pendekatan yang berbeda-beda terhadap ayah dan ibu?

Anak yang diasuh Ayah Akan Tumbuh Lebih Percaya Diri?

Seperti dilansir dari vemale.com (Jumat, 29/4/2016), baik ayah maupun ibu, sebenarnya keduanya memiliki kesempatan sama untuk turut mengasuh dan merawat anak. Karena asuhan dan perawatan dari keduanya ini, anak pun bisa tumbuh dan berkembang menjadi semakin mengesankan, semakin cerdas juga semakin percaya diri.

Kedekatan seorang anak bersama kedua orang tua juga bisa terwujud ketika kedua orang tua sama-sama mengajak anak berinteraksi dengan baik. Sebuah studi yang dilakukan di Oxford University menemukan bahwa ayah yang mengasuh dan mau berinteraksi dengan anak secara baik akan memiliki kedekatan yang mengesankan. Anak yang diasuh oleh ayah ini nantinya juga akan terbentuk menjadi anak yang penuh percaya diri, anak yang pemberani dan anak yang cerdas.

Studi yang dilakukan oleh Oxford University terhadap 129 keluarga di AS menemukan bahwa anak yang diasuh dan dekat dengan sosok ayah biasanya akan tumbuh menjadi pribadi yang tenang dan mengesankan. Sosok ayah yang dekat dengan anak juga akan membuat anak menyayanginya dengan tulus. Anak pun akan memiliki emosional yang mengesankan.

Bayi yang sewaktu kecil sering diasuh dan berinteraksi dengan ayah disebut cenderung memiliki tingkah laku yang terpuji, lebih peduli terhadap orang lain dan lebih percaya diri. Meski begitu, anak yang tidak dekat dengan sosok ayah namun memiliki ibu yang mengesankan, ia pun akan tumbuh menjadi seseorang yang penuh percaya diri dan mengesankan.

Meskipun studi ini menemukan bahwa anak yang diasuh oleh ayah akan tumbuh lebih percaya diri, para ahli mengungkapkan bahwa tidak menutup kemungkinan anak-anak yang tumbuh dan berkembang tanpa asuhan ayah sama sekali tidak percaya diri. Well, agar buah hati di rumah tumbuh dengan baik dan mengesankan serta percaya diri, kita harus ingat bahwa peran kedua orang tua sangat penting. Kedua orang tua harus sama-sama turut andil dalam mengasuh, merawat dan menjaga anak. Sesibuk apapun orang tua, disarankan agar orang tua menyempatkan waktu buat bermain, belajar dan berinteraksi dengan anak. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sering Merasa Stres? Coba Konsumsi Makanan Ini

Sering Merasa Stres? Coba Konsumsi Makanan Ini

Jakarta – Stres merupakan masalah yangs sering dialami oleh sebagian besar orang. Entah akibat padatnya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis