Jakarta – Anda tentu masih mengingat Koalisi Merah Putih (KMP)? Ya, mereka adalah sekumpulan partai yang kontra dengan kebijakan pemerintah. Kini koalisi tersebut memang sudah tidak ada. Sayangnya, Partai Gerindra tetap mengusung sikap oposisi. Selain itu, mereka dikabarkan menyiapkan kabinet bayangan.

Berita Terkini : Gerindra Tegaskan Masih Mengusung Sikap Oposisi

“Sekarang Koaisi Merah Putih sudah tidak ada. Yang di oposisi cuma kami dan PKS,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono pada Sabtu (15/10/2016).

Dia kemudian berbicara, pihak oposisi ini punya Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tandingan. Ini adalah sikap lanjutan dari penolakan Gerindra atas APBN pemerintah.

“Dan dengan itu sekarang Gerindra dan PKS membuat semacam APBN tandingan,” ujarnya.

Baca juga: Inilah Alasan Adnan Pandu Bakal Berikan Dukungan kepada Anies-Sandi

Bukan itu saja, bahkan duet oposisi ini dinyatakan Ferry punya kabinet tandingan. Buat apa? Supaya bila sewaktu-waktu kabinet sekarang tumbang, maka oposisi ini bisa mengambil alih jalannya roda pemerintahan.

“Sebagai oposisi, kami juga punya ‘shadow cabinet’. Jadi di seluruh dunia, oposisi itu punya kabinet bayangan, karena harus siap mengambil alih baik secara konstitusional maupun tidak, karena kita harus mempersiapkan diri mana tahu kekuasaan itu harus digantikan,” ungkap Ferry. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)