Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Cara Mencegah Kanker Selain Olahraga

Cara Mencegah Kanker Selain Olahraga

Jakarta – Anda pasti sudah paham betul apabila penyakit kanker dapat dicegah dengan mengganti gaya hidup sehari-hari, termasuk pola makan. Obesitas dan faktor genetik merupakan faktor pemicu utama kanker terutama kanker payudara.

Cara Mencegah Kanker Selain Olahraga

Merokok serta minuman beralkohol juga bisa memicu kanker. Begitupun dengan paparan zat kimia berbahaya yang tanpa disadari masuk ke dalam tubuh Anda.

1. Ganti produk pembersih
Sebagian besar produk pembersih yang dijual dicampur dengan bahan-bahan industri berbahaya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Enviromental Health menemukan bahwa banyak produk pembersih rumah tangga yang bisa berakibat pada tubuh kita.

Dalam studi tersebut, kanker payudara lebih sering terjadi pada wanita yang menggunakan produk pembersih dalam jumlah banyak, mereka yang menggunakan penyegar udara dan produk anti jamur yang mengandung pemutih.

2. Bahan makanan organik
Banyak penelitian menemukan hubungan antara paparan pestisida dengan ADHD, austisme, penyakit parkinson dan kanker, terutama kanker payudara. Ketika Anda membeli makanan organik, Anda memastikan bahwa makanan tersebut tumbuh tanpa pestisida dan pupuk kimia, limbah yang dicampur dengan kotoran manusia dan industri serta bahan-bahan rekayasa genetika lain.

3. Hindari makanan kaleng
Para peneliti mungkin tidak sepenuhnya mengidentifikasi BPA (Bisphenol A) sebagai penyebab kanker payudara. Tapi, BPA diketahui bisa menyebabkan tumor mammae. Untuk menurunkan paparan BPA, hindari makanan kaleng dan pilih makanan segar atau yang dibekukan bila perlu.

4. Hindari polusi udara
Para peneliti menekankan peran benzena yang berpotensi menyebabkan kanker. Benzena merupakan uap kimia dari gas atau bahan bakar dan polusi udara dari kendaraan. Hindari memanasi mobil di dalam garasi agar asap kendaraan tidak masuk ke dalam rumah dan terhirup oleh Anda.

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Prostat

5. Hindari penyegar udara dan lilin wangi
Benzena sering juga muncul dari lilin beraroma yang sering diletakkan dalam ruangan. Penyegar udara juga sering mengandung karsinogen, zat yang bisa memicu kanker. Jika Anda setiap hari menggunakan kedua benda ini, cobalah untuk meletakkan cuka dalam mangkok untuk membersihkan aroma dengan zat kimia berbahaya. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

x

Check Also

No Bra Day, Bentuk Dukungan Terhadap Penderita Kanker Payudara

No Bra Day, Bentuk Dukungan Terhadap Penderita Kanker Payudara

Jakarta – Setiap tanggal 13 Oktober 2016 diperingati sebagai Hari Tanpa Bra Internasional atau No ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis