Home > Teknologi > Sains > Wow, Sisi Gelap Venus Pancarkan Sinar-X

Wow, Sisi Gelap Venus Pancarkan Sinar-X

California – Penelitian tenyang Venus dan Merkurius telah dilakukan para ilmuan. Observasi tersebut tentang berapa kali dua planet tersebut melewati matahari. Pada 2012, Venus sempat transit. Hal tersebut bakal terulang pada 2117.

Wow, Sisi Gelap Venus Pancarkan Sinar-X

Sebagaimana diberitakan Phys pada Kamis (13/10/2016), pada observasi terakhir, ilmuwan mendeteksi sinar-X dan emisi ultraviolet yang datang dari sisi gelap Venus. Temuan ini bisa mengungkap tentang lingkungan magnetik Venus dan membantu studi exoplanet.

Tim ilmuwan yang dipimpin Masoud Afshari dari University of Palermo dan National Institute of Astrophysics (INAF) memeriksa data yang diperoleh oleh teleskop sinar-x yang ditempatkan di misi Hinode (Solar-B).

Dalam studi sebelumnya, ilmuwan dari University of Palermo menggunakan data ini untuk mengestimasi diameter Venus dalam pita sinar-X. Peneliti mengobservasi pita sinar-X serta UV.

Baca juga: Inilah Lubang Laut yang Terdalam di Dunia

Afshari dan timnya mengombinasikan informasi dari teleskop sinar-X milik Hinode dengan data yang dikumpulkan oleh Atmospheric Imaging Assembly pada Solar Dynamics Observatory (SDO). Peneliti menyimpulkan bahwa EUV dan emisi sinar-X datang dari sisi gelap Venus.

Temuan ini membantu ilmuwan dapat mempelajari lebih lanjut tentang lingkungan magnetik Venus dan membantu peneliti memahami exoplanet. Peneliti berharap dapat melakukan studi masa depan untuk mempelajari fenomena ini. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Jakarta – Perdebatan antara Tuhan dan ilmu pengetahuan seharusnya tidak perlu lagi karena mereka berjalan ...