Home > Teknologi > Sains > Apophis, Salah Satu Asteroid yang Bahaya untuk Bumi

Apophis, Salah Satu Asteroid yang Bahaya untuk Bumi

Washington – Ada berbagai benda di luar angkas. Misalnya, Asteroid Apophis. Asteroid itu kabarnya berukuran 400 meter dan termasuk dalam benda-benda dekat Bumi yang berbahaya (NEOs). Asteroid tersebut pun merupakan ancaman potensial bagi Bumi.

Apophis, Salah Satu Asteroid yang Bahaya untuk Bumi

Namun, Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA telah menghitung dampak Apophis terhadap Bumi bakal lebih rendah daripada sebelumnya. Sebagaimana diberitakan Phys.org pada Kamis (17/8/2017), asteroid Apophis bakal melintas di Bumi pada 13 April 2029. Pengamatan awal batuan ruang angkasa ini mengindikasikan bahwa ia memiliki 1 dari 36 kemungkinan menghantam Bumi pada saat itu.

“Kita belum bisa mengecualikan kemungkinan bahwa hal itu dapat mempengaruhi planet kita, tapi kita dapat menghitung bahwa kemungkinan dampak Bumi hanya satu dalam 100.000 selama abad berikutnya, yang tentu saja sangat kecil,” ungkap manajer dari JPL’s Center for Near Earth Object Studies Paul Chodas.

Karena itu, para astronom termasuk Chodas, menekankan pentingnya observasi rinci asteroid Apophis dan memantaunya secara konsisten. Observasi tersebut diharapkan dapat memastikan bahwa asteroid tersebut tidak menimbulkan bahaya bagi manusia.

“Apophis tentu saja merupakan asteroid berbahaya, karena itu asteroid ini dilacak secara ekstensif, sehingga kita mengetahui orbitnya secara akurat yang mengurangi tabrakan terhadap Bumi,” ungkap Chodas.

Sementara itu, Para astronom memperkirakan bahwa pada 13 April 2029, Apophis akan melewati Bumi pada jarak 18.300 mil. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Heboh Makam Keluarkan Cairan Mirip Darah, Ini Penjelasan Ahli Geologi

Heboh Makam Keluarkan Cairan Mirip Darah, Ini Penjelasan Ahli Geologi

Balikpapan – Beberapa hari lalu warga di Balikpapan, Kalimantan Timur, dihebohkan dengan sebuah makam yang ...