Home > Hiburan > Gosip > Pakaian Adat Ariska Putri Tuai Kritik Karena Dinilai Mengumbar Paha

Pakaian Adat Ariska Putri Tuai Kritik Karena Dinilai Mengumbar Paha

Jakarta – Ariska Putri Pertiwi mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai ajang ratu kecantikan dunia, Miss Grand International 2016 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), (25/10/2016) waktu setempat. Yang kemudian menjadi spesial adalah Indonesia juga menyabet gelar Best National Costume di ajang Miss Grand International 2016.

Pakaian Adat Ariska Putri Tuai Kritik Karena Dinilai Mengumbar Paha

Kiprah Ariska di Miss Grand International 2016 bukan tanpa halangan. Wanita berusia 21 tahun ini sempat menuai protes, khususnya masyarakat adat Lampung terkait kostum nasional yang dia bawa ke ajang Miss Grand International.

Ariska mengenakan busana yang mengusung motif khas Lampung seperti siger (pakaian adat lampung yang dikenakan di kepala oleh wanita suku Lampung). Yang menjadi masalah ialah, belahan kaki kostum yang dipakai Ariska dianggap terlalu tinggi sehingga memperlihatkan bagian paha yang terbuka.

“Ariska Putri Pertiwi menjadi sorotan masyarakat Lampung dalam ajang itu. Ariska mengenakan busana yang mengusung motif-motif khas Lampung seperti siger. Budaya Lampung, dengan kearifan lokalnya yang memiliki daya jual tinggi tentu seharusnya dijaga dengan baik, bukan dengan hal-hal seperti yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait dalam foto tersebut,” kata Koordinator Divisi Adat dan Budaya Gamolan Institute Lampung, Erizal Barnawi seperti dilansir dari Antara, Kamis (27/10/2016).

“Menyatakan protes keras dan keberatan atas pemakaian simbol adat Lampung tersebut, termasuk dalam bentuk foto dan penyebarluasannya di media umum dan media sosial. Kepada pihak yang melakukannya kami minta untuk bertanggung jawab dan meminta maaf secara terbuka,” ujar Anshori Djausal yang mewakili masyarakat adat Lampung.

Walaupun menuai protes di dalam negeri, juri Miss Grand International 2016 punya penilaian sendiri. Kostum yang dikenakan Ariska terbukti mengalahkan puluhan kostum nasional dari negara lain. Tak hanya soal penampilan, jawaban Ariska berhasil membuat dewan juri terpukau dengan memilihnya sebagai juara.

Baca juga: Meggie Diaz Tegaskan Tidak Memiliki Hubungan Asmara dengan Tukul

“Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada para penggemar, pendukung, dan keluarga, kalian yang terbaik, saya siap bepergian dan keliling dunia untuk menghentikan kekerasan. Indonesia, kita berhasil!” seru Ariska. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Tanggapan Syahrini Terkait Dengan Aksi Super Damai 212

Inilah Tanggapan Syahrini Terkait Dengan Aksi Super Damai 212

Jakarta – Dalam aksi super damai 212 yang digelar di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016), ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis