Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Ingin Panjang Umur ? Jalani Gaya Hidup Ini

Ingin Panjang Umur ? Jalani Gaya Hidup Ini

Jakarta – Penelitian terbaru menemukan manfaat dari kombinasi tiga gaya hidup sehat, mencakup tidak merokok, mempertahankan berat badan normal, dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi alkohol, mampu meningkatkan angka harapan hidup hingga 7 tahun.

Ingin Panjang Umur ? Jalani Gaya Hidup Ini

Ilustrasi

Penelitian yang dipublikasikan oleh Health Affairs ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dunia untuk meningkatkan kesehatan mereka. Di Amerika Serikat (AS) misalnya, ada 80 persen penduduk berusia 50 tahun yang menjadi perokok dan mengidap obesitas, atau mengalami keduanya.

Penelitian ini merupakan kolaborasi University of Michigan dan Max Planck Institute for Demographic Research in Germany dengan menganalisis lebih dari 14 ribu gaya hidup orang Amerika usia 50-89 tahun.

Secara keseluruhan, partisipan pria dan wanita dalam penelitian ini memiliki angka harapan hidup masing-masing 77,7 dan 81,4 tahun.

Namun, mereka yang tidak merokok dan BMI kurang dari 30 cenderung hidup empat sampai lima tahun lebih lama.

“Angka harapan hidup orang AS rata-rata lebih rendah dibandingkan negara maju lainnya,” terang Neil Mehta, asisten profesor Manajemen dan Kebijakan Kesehatan di University of Michigan seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (26/7/2017).

Baca juga: 8 Manfaat Kesehatan dari Menyantap Oatmeal

Meski demikian, mereka yang mengadopsi tiga gaya hidup ini memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dari populasi umum orang Jepang yang memang dikenal sehat dan berumur panjang. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Agar Tidak Timbul Gangguan Kesehatan, Ini Saran Dokter Bila Mengkonsumsi Daging Kambing

Agar Tidak Timbul Gangguan Kesehatan, Ini Saran Dokter Bila Mengkonsumsi Daging Kambing

Jakarta – Pada Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan ‘pesta makan daging kambing’ karena ...