Home > Ragam Berita > Nasional > Hasil Survei FSI: Deddy Mizwar Ungguli Kandidat Cagub Jabar Lainnya

Hasil Survei FSI: Deddy Mizwar Ungguli Kandidat Cagub Jabar Lainnya

Bandung – Nama Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar masih menjadi pilihan utama warga Jabar dalam Pilkada Jabar 2018 mendatang. Hal ini setidaknya terungkap dari hasil survei yang dilakukan oleh Fokus Survei Indonesia (FSI) yang memetakan peluang dari masing-masing nama yang telah beredar di masyarakat.

Hasil Survei FSI: Deddy Mizwar Ungguli Kandidat Cagub Jabar Lainnya

Dari hasil survei yang melibatkan 2,178 responden pada periode 22 Juli hingga 2 Agustus 2017 ini menempatkan Deddy Mizwar di atas nama-nama lainnya.

Untuk tingkap popularitas, Deddy Mizwar mendapatkan 93,7 persen, Rieke Dyah Pitaloka 85,1 persen, Dede Yusuf 81,7 persen, kemudian disusul Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dengan popularitas sebesar 67,9 persen.

“Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meraih tingkat popularitas sebanyak 64,7 persen, disusul Agung Suryamal yang dikenal sebanyak 54,1 persen, dan Iwa Karniwa dengan 53,4 persen. Lalu di urutan akhir ada nama Netty Prasetiani dengan tingkat popularitas sebesar 52,1 persen,” kata Direktur Executive FSI, Andi Muhammadyah, melalui keterangan persnya, Sabtu (12/8/2017).

Selain popularitas, FSI juga menilai para kandidat berdasarkan aspek integritas, akseptabilitas, kapabilitas, serta elektabilitas.

Untuk aspek Integritas, Deddy Mizwar tetap mengungguli yang lainnya yakni 87,9 persen. Disusul Dedi Mulyadi (81,2 persen), dan Rieke Dyah Pitaloka (72,3 persen).

“Selanjutnya ada nama Iwa Karniwa yang secara mengejutkan dengan 64,3 persen, melewati Ridwan Kamil yang mendapat 63,2 persen. Lalu ada nama Agung Suryamal sebesar 60,4 persen, dan di posisi akhir Netty Prasetiani sebesar 51,7 persen,” kata Andi.

Untuk elektabilitas, Deddy Mizwar juga unggul dibanding yang lainnya dengan 39,4 persen, disusul Dedi Mulyadi (13,3 persen) dan Rieke Dyah Pitaloka (10,7 persen).

“Nama Dede Yusuf mendapat perolehan 7,4 persen, Ridwan Kamil yang sempat melejit namanya melalui pemberitaan media ternyata hanya dipilih 6,2 persen responden. Lainnya, hasil survei menunjukkan bahwa Agung Suryamal 4,6 persen, Iwa Karniwa 3,7 persen, dan Netty Prasetiani dengan 3,1 persen pemilih,” ungkap Andi.
(samsul arifin – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yasonna Dapat Hadiah Sepeda dari Presiden saat Upacara Pengibaran Bendera

Yasonna Laoly Dapat Hadiah Sepeda dari Presiden saat Upacara Pengibaran Bendera

Jakarta – Upacara pengibaran bendera merah putih untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-72 tahun di ...