Home > Teknologi > Internet > Waduh, Ada 4.000 Aplikasi Spyware Berkeliaran

Waduh, Ada 4.000 Aplikasi Spyware Berkeliaran

Jakarta – Semakin banyaknya pengguna perangkat mobile membuat semakin banyaknya aplikasi pengintai atau Spyware berkeliaran di toko aplikasi. Menurut catatan, ada ribuan aplikasi Android yang bisa mengintai dan mencuri data pengguna.

Waduh, Ada 4.000 Aplikasi Spyware Berkeliaran

Bahkan kabarnya, aplikasi Spyware ini sudah mencapai jumlah 4.000 aplikasi yang siap menginfeksi ribuan pengguna ponsel di seluruh dunia.

Menurut penelitian, aplikasi malware yang masuk dalam keluarga SonicSpy ini bisa secara diam-diam merekam audio dan mencuri data riwayat pengguna ponsel.

Perusahaan peneliti Lookout telah mengidentifikasi adanya tiga aplikasi yang lolos dari ‘security’ Google Play, yaknu Sonic, Troy Chay, dan Hulk Messenger.

Aplikasi Soniac merupakan aplikasi messenger seperti halnya Telegram, dan kini telah diunduh sebanyak 5.000 kali. Sedangkan Troy Chay dan Hulk Messenger tidak sepopuler aplikasi Sonic.

Sonic mampu mencuri data pribadi dari ponsel penggunan dan mengirimkannya ke server yang berlokasi di Irak. Malware ini disebut malware paling berbahaya di Google Play.

(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Cek Potensi Bencana di Kotamu Dengan Membuka Situs Milik Kementerian ESDM Ini

Cek Potensi Bencana di Kotamu Dengan Membuka Situs Milik Kementerian ESDM Ini

Jakarta – Dalam dua bulan terakhir ini Indonesia dilanda dua bencana besar yakni gempa di ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135