Home > Teknologi > Sains > Wow, Ditemukan Sistem Algoritma Yang Dapat Memprediksi Kematian Dengan Keakuratan Tinggi

Wow, Ditemukan Sistem Algoritma Yang Dapat Memprediksi Kematian Dengan Keakuratan Tinggi

Jakarta – Ilmu matematika ternyata dapat dikembangkan hingga dapat memprediksi waktu kematian seorang pasien di rumah sakit dengan tingkat keakuratan yang hampit mencapai 100 persen.

Wow, Ditemukan Sistem Algoritma Yang Dapat Memprediksi Kematian Dengan Keakuratan Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para periset dari Universitas Stanford, Amerika Serikat, berhasil mengembangkan sebuah sistem AI revolusioner yang terdiri dari data algoritma dari para pasien yang berupa diagnosis, prosedur yang dilakukan, pemindaian, dan obat-obatan.

Dalam makalah yang diterbitkan di server preprint arXiv ini, sistem tersebut memungkinkan mengetahui pasien mana yang berisiko lebih besar meninggal daripada pasien yang lain.

“Skala data yang tersedia memungkinkan kami membuat model prediksi kematian, bukan lewat penyakit atau data demografis,” kata Anand Avati, anggota Laboratorium AI Universitas Stanford.

Penelitian dilakukan terhadap 160 ribu data pasien, baik orang dewasa maupun anak-anak, dari rumah sakit Stanford dan Lucile Packard.

Dari data tersebut, sistem kemudian menghitung data 40 ribu pasien yang akan meninggal dalam tiga hingga dua belas bulan ke depan. Hasilnya ternyata mencapai 90 persen akurat.

Namun demikian menurut peneliti, sistem ini baru bisa menunjukkan prediksi yang akurat bila dilengkapi dengan data-data lengkap dari pasien.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Luhut Tegaskan LRT Jabodebek Bakal Dites Tahun Depan

Luhut Tegaskan LRT Jabodebek Bakal Dites Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan kereta api ringan (Light Rail ...