Home > Teknologi > Luhut Tegaskan LRT Jabodebek Bakal Dites Tahun Depan

Luhut Tegaskan LRT Jabodebek Bakal Dites Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) yang dikerjakan PT INKA bisa diuji coba pada April 2019.

Luhut Tegaskan LRT Jabodebek Bakal Dites Tahun Depan

“Kita mau pada April 2019 sudah mulai testing LRT-nya di Jakarta. Nanti operasionalnya Oktober 2019,” ujar Luhut saat melakukan kunjungan kerja di PT INKA Madiun, Jawa Timur, Jumat (19/1/2018).

Pihaknya berharap INKA mampu menyelesaikan kepercayaan nasional tersebut secara cepat, yakni dalam kurun waktu 15 bulan, terlebih penandatanganan kontrak pengadaan LRT Jabodebek dengan sejumlah pihak pendukung telah dilakukan dengan nilai mencapai Rp 3,9 triliun.

Luhut menjelaskan, LRT Jabodebek lebih efisien dana pembuatannya dibandingkan dengan LRT Palembang, Sumatera Selatan, yang digunakan sebagai moda transportasi pendukung Asian Games 2018. Selain itu, dana yang dikeluarkan juga lebih murah dibandingkan impor.

“Tapi, bukan soal harga yang nomor satu. Yang penting adalah produk dalam negeri dan penciptaan lapangan kerja dari proyek ini,” kata Luhut.

Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro menyatakan siap melakukan pengerjaan LRT Jabodebek dalam 15 bulan. Nantinya, pembuatannya lebih mengedepankan konten lokal.

Baca juga: Sandiaga Berharap Rumah DP Rp 0 Bisa Dibangun di Kawasan Ini

Konten impor hanya untuk sistem komputerisasinya. Sebab, LRT memang merupakan kereta tanpa masinis. Karenanya, butuh sistem komputerisasi yang canggih.

“LRT ini nantinya termodern, yakni menggunakan moving block. Semuanya otomatis dan tanpa masinis. Ini untuk menekan human error,” kata Budi. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Hubungan Stres dan Penyakit Menurut Ilmuwan

Ini Hubungan Stres dan Penyakit Menurut Ilmuwan

Jakarta – Banyak yang percaya bahwa stress menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan kesehatan. Namun tidak ...