Home > Gaya Hidup > Tips > Beberapa Aktivitas Ini Dipercaya Dapat Picu Obesitas

Beberapa Aktivitas Ini Dipercaya Dapat Picu Obesitas

Jakarta – Kenaikan berat badan tidak melulu karena asupan makanan yang tidak terkontrol. Terdapat beberapa faktor lain dalam keseharian yang tanpa disadari membuat berat badan melonjak.

Beberapa Aktivitas Ini Dipercaya Dapat Picu Obesitas

ilustrasi

Beberapa aktivitas keseharian bisa membuat berat badan meningkat secara perlahan namun pasti tanpa disadari. Apa sajakah? Berikut ulasannya:

1. Sering dinas ke luar kota
Jika Anda adalah tipikal orang yang sering pergi ke luar kota untuk urusan pekerjaan, kemungkinan berat badan Anda bertambah di masa depan cukup besar. Sering pergi keluar kota membuat keseimbangan tubuh terganggu, terutama pada ritme sirkadian, yang dapat berimbas pada kesehatan usus. Hal tersebut dapat menyebabkan berat badan meningkat.

2. Lupa makan
Jika Anda sering lupa makan karena terlalu sibuk, produksi estrogen akan menurun sehingga membuat hormon yang berhubungan dengan gula darah terganggu. Pengaturan gula darah sendiri bergantung pada jadwal makan yang konsisten. Kebiasaan makan yang tak teratur dapat menaikkan berat badan.

3. Kurang minum
Konsumsi lebih banyak air membantu membuat tubuh semakin kurus seiring pertambahan usia, terutama jika membiasakan minum sebelum makan berat. Namun, jika Anda mengganti air dengan soda, maka risiko tubuh menggemuk semakin besar.

4. Karir yang menekan
Jika Anda sudah merasa stres membayangkan akan masuk kantor setiap pagi, kemungkinan Anda akan menggemuk di masa depan. Stres meningkatkan hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan dan lemak yang disimpan.

5. Kurang tidur
Jika Anda terus menerus kurang tidur, maka managemen tubuh pun akan memburuk . Kurang tidur meningkatkan nafsu makan dan terus membuat lapar sehingga badan akan melebar.

6. Lelah meskipun cukup istirahat
Jika Anda terbangun dalam keadaan lelah, itu berarti tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko hipertiroid dan menaikkan berat badan.

7. Malas olahraga
Mulai rutin berolahraga angkat beban membantu meningkatkan massa tubuh yang terus bertambah seiring dengan menuanya usia.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Beberapa Penyakit Ini Bisa Timbul karena Gigi yang Tidak Sehat

Beberapa Penyakit Ini Bisa Timbul karena Gigi yang Tidak Sehat

Jakarta – Menjaga kesehatan gigi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135