New York – Mobil Duesenberg Model Js akan dilelang dalam acara pelelangan Mecum di Phoenix 2019 pada 14-16 Maret 2019. Ini merupakan mobil langka dan salah satu kendaraan termewah di jalan pada masanya.

Mobil Klasik Ini Bakal Segera Dilelang, Berapa Harganya ?

Para selebritis saat ini lebih menginginkan mobil seperti Bugatti dan Lamborghini sebagai simbol status. Tetapi pada era 1920-an dan awal 1930-an, Duesenberg adalah mobil mewah yang menggendong mesin inovatif berkinerja tinggi untuk menaikkan status sosial di masyarakat.

Saat ini, Duesenberg sangat jarang apalagi dengan banyak fitur sport dan bodinya yang unik. Duesenberg Model J ini merupakan satu-satunya yang menggunakan karoseri Torpedo Berline yang dibangun oleh Rollston.

Model J dibekali mesin straight-eight 420ci bertenaga 265bhp buatan Amerika tercepat dan paling kuat di masanya. Duesenberg tidak asing dengan inovasi, diakui sebagai yang pertama mengembangkan mesin delapan silinder dan rem hidrolik. Model ini menjadi yang pertama menggunakan metode pengereman baru, serta fitur terbaru pada zamannya, termasuk kemampuan untuk mengganti oli dengan satu sentuhan tombol.

Seperti yang disebutkan, Model J ini adalah salah satu karya Rollston yang memiliki sejarah panjang, karena dulunya merupakan hal yang lumrah bagi pembeli untuk memesan sasis dan mesin dari pabrikan, kemudian meminta builder untuk membuat karoserinya sesuai keinginan mereka.

Mobil perak yang cantik ini memiliki ukuran mesin panjang dengan kap yang panjang dan kabin juga cukup besar. Mobil buatan tahun 1930-an ini juga dilengkapi dengan dokumentasi ketika dibeli oleh Shirley M. Burden, cicit dari Cornelius Vanderbilt di New York. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)