Home > Otomotif > Mobil > Per Tahun, Ford Habiskan 90 Ribu Kg Tanah Liat untuk Bangun Prototype Mobil

Per Tahun, Ford Habiskan 90 Ribu Kg Tanah Liat untuk Bangun Prototype Mobil

Jakarta – Salah satu cara membangun prototype mobil yang hingga kini masih digunakan yaitu dengan menggunakan tanah liat, yang sejak akhir 1920-an digunakan oleh Harley Earl untuk membuat desain awal.

Per Tahun, Ford Habiskan 90 Ribu Kg Tanah Liat untuk Bangun Tanah Liat

Pabrikan mobil Ford menjadi salah satu perusahaan yang masih menggunakan tanah liat saat membuat model dengan ukuran 1:1.

Menurut catatan dari Popular Mechanics, Ford bahkan menghabiskan 90 ribu kg tanah liat per tahun untuk membuat model-model mobil produksi mereka. Namun demikian, Ford menggunakan tanah liat yang tidak mengandung air serta telah dicampuri oleh lilin dan minyak.

“Mesin dan komputer melakukan pekerjaan awal. Namun setelah itu tangan manusia mengerjakan pembuatan prototype mobil. Ambil contoh, mereka mengerjakan model ukuran penuh dari Raptor yang terdiri dari 877 kg tanah liat dan dikerjakan selama 20 ribu jam kerja,” lansir Popular Mechanics.

Dalam setiap membuat model sebuah mobil ada lebih dari 9 kg tanah liat yang tersisa. Tanah liat tersebut lalu disimpan lagi untuk kemudian digunakan kembali.


(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Porsche Cayenne Teranyar Diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2017

Porsche Cayenne Teranyar Diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2017

Frankfurt – Jelang penampilan perdananya di hadapan publik pada gelaran Frankfurt Motor Show 2017, Porsche ...