Home > Ragam Berita > Internasional > Trump Anggarkan USD 8 Miliar Triliun untuk Bangun Tembok di Perbatasan Meksiko

Trump Anggarkan USD 8 Miliar Triliun untuk Bangun Tembok di Perbatasan Meksiko

Washington – Para pembantu Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah menemukan dana sekitar US$7 – 8 miliar atau sekitar Rp99 – 113 triliun di anggaran belanja negara yang akan dialihkan sebagai dana pembangunan tembok di perbatasan selatan dengan Meksiko.

Trump Anggarkan USD 8 Miliar Triliun untuk Bangun Tembok di Perbatasan Meksiko

“Dana ini akan membayar sebagian dari total dana pembangunan tembok senilai US$23 miliar atau sekitar Rp325 triliun untuk tembok perbatasan sepanjang 3.200 kilometer,” begitu dilansir Reuters Minggu (17/2/2019).

Trump akan menggunakan dana ini setelah menyatakan darurat nasional, yang memberinya kewenangan untuk mengalihkan alokasi penggunaan dana anggaran negara tanpa melewati persetujuan Kongres.

Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan pemerintah menemukan ada dana sebesar sekitar US$600 juta atau sekitar Rp8.5 triliun dari departemen Keuangan. Lalu ada dana sebesar US$2.5 miliar atau Rp35 triliun dari departemen Pertahanan terkait dana obat. Juga ada dana sekitar US$3.5 miliar atau sekitar Rp50 triliun dari dana konstruksi militer.

“Seorang sumber mengatakan para pengacara di Gedung Putih dan lembaga lain meyakini angka-angka ini bakal bertahan jika ada gugatan hukum,” begitu dilansir Reuters.

Namun, rencana pengumuman darurat nasional, yang akan dilakukan Trump pada Jumat waktu setempat, justru menimbulkan perpecahan di tubuh Partai Republik

Senator Susan Collins, yang dikenal moderat, mengatakan,”Menyatakan darurat nasional untuk tujuan ini merupakan kesalahan Presiden.”

Namun, faksi kanan dari Partai Republik, anggota DPR Mark Meadows, mengatakan,”Pada saat ini, Presiden Trump harus melakukan tindakan eksekutif. Dan saya akan mendukungnya untuk melindungi kedaulatan perbatasan negara.”

Sedangkan pemimpin mayoritas Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell, mengatakan akan mendukung Trump soal ini. Sebelumnya, dia sempat mengingatkan Trump bahwa deklarasi darurat nasional bakal memecah Partai Republik. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Markas Teroris Bom Paskah Diserbu Militer Sri Lanka

Markas Teroris Bom Paskah Diserbu Militer Sri Lanka

Kolombo – Militer Sri Lanka menyerbu markas kelompok National Towheed Jamaát (NTJ) di daerah sekitar ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135