Home > Teknologi > Pandeglang Dilanda Gempa Berkekuatan 5,2 SR

Pandeglang Dilanda Gempa Berkekuatan 5,2 SR

Pandeglang – Gempa 5,2 SR guncang Pandeglang, Provinsi Banten, Kamis (14/2/2019) pagi. Gempa juga terjadi di beberapa daerah di Indonesia

Pandeglang Dilanda Gempa Berkekuatan 5,2 SR

Gempa Pandeglang terjadi, pukul 06.41 WIB, namun tidak berpotensi tsunami. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan analisis BMKG setelah pemutakhiran menunjukkan gempa tersebut memiliki bermagnitudo 5,0 SR.

Gempa yang terjadi di wilayah Samudera Hindia selatan Jawa, tepatnya pada koordinat 7,07 LS dan 105,64 BT atau berlokasi di laut pada jarak 84 kilometer arah selatan Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada kedalaman 56 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia,” katanya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar Obliqe Turun (Oblique Normal Fault).

Baca juga: KPK Panggil Kabid Olaraga Internasional Kemenpora, Ada Apa ?

Dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat, dirasakan, antara lain di daerah Malingping, Cijaku, Panggarangan, Bayah, Ciptagelar, dan Wanasalam III MMI, sedangkan daerah Pelabuhan Ratu dirasakan II MMI.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ridwan Kamil Sambangi Rumah Ma'ruf Amin, Apa Saja yang Dibahas?

Ridwan Kamil Sambangi Rumah Ma’ruf Amin, Apa Saja yang Dibahas?

Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) menyambangi kediaman calon wakil presiden nomor ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135