Jakarta – Indonesia terpilih sebagai negara paling santai di dunia versi agen perjalanan asal Inggris, lastminute.com.

Indonesia Terpilih Menjadi Negara Paling Santai di Dunia

Dalam risetnya yang bertajuk ‘Most Chilled Out Countries in The World’, lastminute.com menganalisanya berdasarkan beberapa faktor, seperti hak pribadi warga negara, polusi suara, polusi cahaya, suhu, jumlah hari libur, hingga jumlah spa di negara tersebut.

Dari sejumlah indikator tersebut, Indonesia terpilih menjadi negara paling santai di dunia. Paling santai di sini yakni negara yang paling cocok untuk tempat berlibur dan relaksasi.

“Analisis kami terhadap negara-negara paling santai di dunia mengungkapkan, bahwa Indonesia berada pada peringkat pertama sebagai negara yang paling santai dari semua negara lain,” ungkap Reigo Eljas, Country Director lastminute.com untuk Inggris dan Irlandia, seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (2/3/2019).

Indonesia menurut lastminute.com memiliki lebih dari 88 ribu km garis pantai dengan suhu rata-rata 25 derajat Celsius, 186 ruang hijau, rata-rata 30 hari libur per tahun, dan 66 spa.

Di posisi kedua ditempati Australia yang memiliki 40 ribu km garis pantai, 187 ruang hijau, dan cuti liburan tahunan sebanyak 30 hari.

Berikut ini daftar lengkap Most Chilled Out Countries in The World versi lastminute.com :

1. Indonesia
2. Australia
3. Islandia
4. Selandia Baru
5. Sri Lanka
6. Cyprus
7. Filipina
8. Yunani
9. India
10. Mauritius
11. Kosta Rika
12. Portugal
13. Bulgaria
14. Kroasia
15. Spanyol
(samsularifin – harianindo.com)