JAKARTA — Isu kenaikan tarif dasar listrik ramai dibicarakan di jagad maya bersamaan dengan berlangsungnya sidang Mahkamah Konstitusi (MK). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berdali terkait kenaikan harga listrik.
“Enggak, enggak ada itu. Saya enggak pernah tahu sih,” kata Jonan setelah rapat terbatas terkait lanjutan pembahasan terobosan kebijakan investasi, ekspor, dan perpajakan yang dipimpin Presiden Jokowi di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (19/06).

Jonan membantah dengan keras bahwa Pemerintah tidak akan menaikkan tarif dasar listrik dalam waktu dekat ini. Ia bahkan tidak tahu kenapa isu ini bisa viral di media sosial tanpa ada klarifikasi kebenaran atas isu tersebut.

“Saya enggak pernah menaikkan tarif, enggak ada tarif dasar listrik itu. Tarif tenaga listrik. Ya, itu enggak ada, enggak ada kenaikan kok,”.

Jonan kecewa bahwa isu tersebut diangkat dan ramai diperbincangkan bersamaan dengan pelaksanaan sidang MK.

Dalam cuitan beberapa akun di Twitter dinyatakan bahwa tarif dasar listrik telah naik 20 persen sementara publik terfokus pada sidang MK.

“Enggak tahu dia dapat dari mana. Enggak ada kok. Nanti ada WA lagi tarif listrik turun 1.000 persen gitu. Enggak ada,” tegas Jonan. (Hari-harianindo.com)