Jakarta – Kabar mengenai trotoar yang tak lazim lantaran berada di tengah Jalan Kalimalang, Jakarta Timur, ditanggapi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Rencananya, ia akan meminta Wali Kota Jakarta Timur M Anwar untuk membereskan trotoar tersebut.

“Nanti wali kota (Jakarta Timur) kita suruh perbaiki,” kata Anies di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (15/09/2019).

Sebelumnya, diketahui bahwa kabar yang viral baru-baru ini menyebut adanya trotoar yang berjejer justru di tengah-tengah Jalan Kalimalang. Mengenai hal tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan bahwa hal tersebut bisa terjadi lantaran di kawasan Jalan Kalimalang sedang ada proyek pembangunan tol.

Lebih lanjut, Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo mengatakan bahwa proyek tersebut berada di dalam naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Sehingga, Pemprov DKI tidak memiliki kewenangan.

“Jadi gini, untuk pembangunan Jalan Kalimalang itu saat ini satu paket dengan pembangunan Tol Becakayu, jadi DKI belum masuk ke situ. Itu kan dari PUPR,” ujar Syafrin Liputo pada Sabtu (14/09/2019).

Menurut Syafrin, pembangunan Tol Becakayu juga mencakup pembangunan dan penataan Jalan Kalimalang yang notabene berada di bawah tol layang itu. Ia sendiri mengaku kurang mengetahui detil teknis proyek tersebut.

“Itu belum tahu, belum dapat info untuk itu (keberadaan trotoar). Nanti saya cek. Itu satu paket dengan pembangunan Tol Becakayu sekaligus dia menata yang di bawahnya,” kata Syafrin.

“Tapi kita belum tahu seperti apa desainnya mereka, nanti saya coba lihat desainnya seperti apa kita akan selaraskan dengan kebutuhan angkutan di sana,” sambungnya. (Elhas-harianindo.com)