Gandhinagar – Umumnya, yang namanya kontes itu selalu menjadi ajang pembuktian siapa yang memiliki kualitas terbaik dalam suatu bidang. Sebut saja kontes menyanyi, kontes kicauan burung, hingga kontes kecantikan. Akan tetapi, orang-orang di Negara Bagian Gujarat, India, memiliki ide yang berbeda.

Yatin Sangoi dan Mul Sanghvi merupakan dua orang yang memprakarsai kontes What The Fart (WTF). Dalam helatan yang diselenggarakan di Kota Surat, Gujarat itu, mereka ingin mencari siapa pemilik kentut terbaik di seluruh India.

Berdasarkan poster pengumuman acara tersebut, WTF akan diselenggarakan pada tanggal 22 September 2019 mendatang. Dalam kompetisi tersebut, mereka ingin mencari pemilik kentut yang paling panjang, paling keras, dan paling merdu. Barangsiapa yang memenuhi kriteria tersebut dengan nilai tertinggi, maka ialah Sang Padishah (Maharaja) Kentut India.

Sebagai penggagas acara, Yatin mengaku bahwa ia terinspirasi dari pengalaman pribadinya saat kentut di tengah-tengah menonton film bersama keluarga.

“Sekitar 25 hari yang lalu saya menonton film dengan keluarga saya ketika saya kentut dengan keras dan semua orang tertawa. Saat itulah saya berpikir jika ada kompetisi, saya bisa menjadi pemenang. Namun, tidak ada di India,” tutur Yatin, dikutip dari Hindustan Times.

“Saya berdiskusi dengan teman-teman dan salah satu dari mereka memutuskan untuk menggelar acara,” imbuhnya.

Digadang-gadang sebagai kontes kentut pertama di India, Yatin mengatakan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk membebaskan warga India untuk kentut yang kini dianggap sebagai sesuatu yang memalukan.

Dalam kompetisi tersebut, setiap peserta diberi waktu selama 60 detik untuk membuang angin terbaiknya. Performa para peserta akan dinilai oleh komika bernama Devang Raval dan seorang dokter.

Meski lomba kentut, akan tetapi hadiahnya tidak angin-anginan. Selain trofi, para pemenang juga akan mendapat hadiah uang tunai yang berkisar dari Rp 980 ribu hingga Rp 2,9 juta. Hingga kini, sudah tercatat 50 orang yang ingin berkompetisi di ajang WTF. (Elhas-harianindo.com)