Teguh Juwarno

Teguh Juwarno

Jakarta – Beberapa hari kemarin, Indonesia Corruption Watch (ICW) baru saja merilis 36 daftar caleg dari berbagai partai politik yang dianggap tidak pro terhadap pemberantasan anti korupsi. Dimana dari sekian nama yang telah dirilis, kader PAN tidak ada satupun yang ikut dalam daftar tersebut.

Teguh Juwarno, selaku Sekretaris Fraksi PAN DPR, didalam pernyataannya, Minggu (30/6/2013), mengungkapkan bahwa memang selama ini semua kader PAN telah sepakat untuk memerangi korupsi sebagai musuh bangsa untuk saat ini. Tidak tanggung-tanggung, PAN berkomitmen untuk mengambil tindakan tegas apabila terbukti ada yang melanggar.

Dari pengamatan Teguh dengan adanya fakta yang tidak ada daftar caleg PAN yang dirilis ICW, menunjukkan bahwa seluruh kader PAN untuk saat ini selalu memenuhi instruksi dari Hatta Rajasa sebagai Ketua Umum PAN. Selain itu teguh juga berharap agar kader PAN selalu bisa menjaga konsistensi untuk selalu memerangi korupsi.

Riset yang telah dipublikasikan oleh ICW ini memang dirasa oleh mantan presenter berita ini cukup menguntungkan bagi PAN. Oleh karena itu ia sangat mengapresiasi hasil data tersebut. Karena dengan data tersebut, maka para pejabat publik terutama anggota parlemen harus menyadari bahwa sikap dan tindak tanduknya selama ini dikontrol oleh masyarakat luas.

Azis Subekti, selaku Wasekjen PAN juga menyatakan pernyataan yang sama dengan Teguh. Dengan terbuktinya kader PAN yang tidak terdapat dalam daftar ICW tersebut, membuktikan bahwa PAN selalu menekankan dalam rekrutmen calegnya terutama kader yang bersih, berintegritas, dan memiliki kapasitas.

Semoga ada juga riset lain yang dilakukan seperti ICW, ujar Azis. Karena daftar caleg yang akan maju di Pemilu 2014 nanti, seharusnya masyarakat mengetahui jejak rekamnya selama ini sehingga nantinya akan terpilih orang-orang yang bersih dan dapat mengayomi masyarakatnya. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)