Jadwal dan Daftar Sirkuit F1 2014Geneva – Musim baru untuk perhelatan ajang Formula One (F1) 2014 akan dimulai pada 16 Maret – 23 November 2014. Jumlah seri yang dilangsungkan tidak berubah dengan tahun lalu, tetapi akan ada dua tambahan sirkuit baru yang akan menjadi ajang balapan para pembalap F1 ternama dunia.

Dua venue yang bergabung musim ini ialah Sirkuit Sochi International di Rusia dan Sirkuit Red Bull Ring di Austria. Terpilihnya Sirkuit Red Bull Ring sekaligus menandakan kembalinya Austria menjadi tuan rumah F1 untuk pertama kalinya sejak tahun 2003.

Seperti dilansir dari Eurosport (Kamis, 6/3/2014), berikut ini jadwal lengkap dan daftar sirkuit untuk F1 2014:

16 Maret – Australia
Sirkuit Albert Park Street, Melbourne. Australia berkesempatan menjadi venue pembuka musim 2014. Musim lalu, Kimi Raikkonen berhasil menjadi yang tercepat disini.
30 Maret – Malaysia
Sirkuit Sepang, Malaysia. Meski ada resiko akan terjadi hujan lebat, tapi sirkuit ini tetap menjadi salah satu lintasan yang akan dihadapi para pembalap F1. Pada helatan musim lalu, Sebastian Vettel berhasil menjadi yang tercepat setelah terlibat insiden dengan Mark Webber.
6 April – Bahrain
Sirkuit Internasional Sakhir, Bahrain. Salah satu sirkuit yang baru digunakan musim lalu, beberapa tim juga sudah melakukan ujicoba sebelum musim dimulai.
20 April – China
Sirkuit Shanghai, Cina. Menjadi venue sejak 2004 dan memang mempunyai kualitas yang sangat baik.
11 Mei – Spanyol
Sirkuit Catalunya, Barcelona. Gelaran F1 sudah dihelat di sirkuit ini sejak 1991. Musim lalu, Fernando Alonso berhasil finish tercepat.
25 Mei – Monaco
Sirkuit Monte Carlo, Monaco. Musim lalu, Nico Rosberg menjadi yang tercepat di sirkuit ini.
8 Juni – Kanada
Sirkuit Gilles Villeneuve, Kanada. Salah satu venue F1 paling lawas, sudah populer sejak tahun 1978. Sebastian Vettel menjadi yang tercepat musim lalu.
22 Juni –Austria
Sirkuit Red Bull Ring, Spileberg. Terakhir kali menggelar balapan F1 pada musim 2003 ketika Michael Schumacher menjadi juara di sana
6 Juli – Inggris
Sirkuit Silverstone, Inggris. Nico Rosberg menjadi pembalap tercepat musim lalu.
20 Juli – Jerman
Sirkuit Hockenheimring, Jerman.
27 Juli – Hungaria
Sirkuit Hungaroring, Budapest. Trek yang banyak memiliki tikungan menjadi ciri khas sejak digunakan sebagai venue F1 pada 1986.
24 Agustus – GP Belgia
Sirkuit Spa Francorchamps, Belgia. Menjadi salah satu trek terpanjang di musim ini. Di sirkuit ini Kimi Raikkonen menjadi juara empat kali, masih di bawah rekor Ayrton Senna lima kali dan Michael Schumacher enam kali.
7 September – Italia
Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Italia. Musim lalu Sebastian Vettel finis tercepat.
21 September – Singapura
Sirkuit Marina Bay, Singapura. Menjadi special karena satu-satunya yang menggelar balapan di malam hari. Lagi-lagi Vettel menjadi yang tercepat di Marina Bay pada musim lalu.
5 Oktober – Jepang
Sirkuit Suzuka, Jepang. Sebastian Vettel menjadi yang terbaik tahun kemarin.
12 Oktober –Rusia
Sirkuit Sochi Internasional, Rusia. Lintasan baru pada F1 musim ini, selain itu sirkuit ini juga baru selesai dibangun karena adanya event olimpiade musim dingin.
2 November – Amerika Serikat
Sirkuit Americas, Texas. Vettel menjadi yang tercepat disini pada musim lalu.
9 November – Brasil
Sirkuit Interlagos, Sao Paulo. Telah menjadi ajang balapan F1 sejak 1973 dan sudah seperti rumah bagi pembalap asal Brasil, yaitu Senna, Barrichello dan Massa.
23 November – Abu Dhabi
Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi. Menjadi sirkuit penutup di musim ini dan memiliki daya tarik sejak dipakai tahun 2009. (Choirul Anam – www.harianindo.com)