Spesifikasi Motherboard Asus untuk AMD AM1Taipei – AMD telah mengumumkan prosesor terbaru mereka untuk pasar menengah ke bawah, yang diberi nama AM1. Kemunculan prosesor ini jelas akan diikuti oleh munculnya motherboard- motherboard baru yang kompatibel dengannya. Salah satunya adalah pabrikan kenamaan asal Taiwan, Asus. Seperti dilansir dari Digital Trends (Kamis, 6/3/2014), Asus telah mengumumkan bahwa mereka telah siap merilis dua model motherboard yang men-support prosesor AM1. Kedua produk tersebut diberi nama AM1M-A dan AM1I-A.

AM1M-A merupakan sebuah motherboard micro ATX dengan dua slot DDR3 DIMM yang mendukung RAM hingga 32GB. board ini juga memiliki fitur sebuah slot PCI-E 2.0 x16 yang mampu berjalan di kecepatan x4, memiliki HDMI, DVI-D, output VGA, Realtek Gigabit Ethernet, dan audio Realtek 8-channel. Terdapat pula dua port USB 3.0 di bagian belakang, ditambah dengan empat port USB 2.0. Hard disk akan terkoneksi dengan AM1M-A melalui dua port SATA 6Gbps.

AM1I-A merupakan sebuah motherboard mini ITX dengan spesifikasi yang kurang lebih sama, meski satu fitur signifikan yang dimiliki AM1M-A tidak tersedia di sini. AM1I-A juga memiliki dua slot DDR3 DIMM yang men-support RAM hingga 32GB, namun slot PCI-E 2.0 x16 digantikan dengan slot serupa namun berjalan dengan x4. Motherboard ini juga memiliki dua port USB 3.0 di bagian belakang, empat port USB 2.0 yang juga berada di belakang, dan sepasang konektor SATA6. AM1I-A memiliki satu dari setiap konektor yang dapat ditemukan di AM1M-A, satu HDMI, satu DVI-D, dan satu VGA. Kedua board ini dapat dikonfigurasi dengan UEFI BIOS

Belum jelas berapa kapan Asus akan merilis dua board ini, serta berapa harga yang ditawarkan. Kabar yang terdengar mengatakan bahwa produk ini akan meluncur sekitar awal April. (Rani Soraya – www.harianindo.com)