Sony dan Panasonic Kembangkan Optical Disc Berkapasitas Raksasa, 300Gb, 500GB, dan 1TBTokyo – Beberapa pelaku bisnis di luar sana butuh menyimpan data dalam jumlah yang besar, namun mereka juga ingin melakukannya dalam sebuah media yang sekecil mungkin. Harapan tersebut tampaknya sampai ke telinga Sony dan Panasonic. Kedua raksasa teknologi asal Jepang itu kemudian bekerjasama untuk mengembangkan sebuah optical disc yang mampu menyimpan data hingga 300GB. Seperti dilansir dari Digital Trends (Senin, 10/3/2014), produk tersebut direncanakan akan rilis pada tahun 2015 yang akan datang.

Sony dan Panasonic tampaknya tidak main-main menanggapi hal ini. Angka 300GB tersebut ternyata merupakan ukuran terkecil yang akan mereka kembangkan. Mereka juga akan membuat versi 500Gb bahkan 1TB dari optical disc ini. Sebagai perbandingan, optical disc terkuat saat ini adalah Blu-ray disc, yang secara umum memiliki “space” 25Gb per disc-nya. Adapun satu jenis Blu-ray yang paling besar mampu memuat 100GB.

Optical disc fantasitis ini akan dinamai dengan Archival Disc. Lempengan ini akan bisa dibaca sampai minimal 50 tahun. Salah Seorang perwakilan Panasonic bahkan mengatakan bahwa disc ini tidak harus disimpan di tempat spesial dengan suhu tertentu dan sebagainya hanya untuk menjaga agar tidka rusak. Disc ini akan “tahan banting”.

Mendengar ini kita mungkin akan langsung berangan bagaimana mudahnya menyimpan atau memback-up data-data aplikasi, game, dan entertainment lainnya dalam disc tersebut. Namun tampaknya, Sony dan Panasonic belum berencana memasarkan disc ini kepada pasar umum. Kemungkinannya adalah, disc ini hanya akan ditawarkan kepada perusahaan-perusahaan.

Jika benar apa yang dikatakan pihak Panasonic bahwa disc ini mampu bertahan hingga 50 tahun, maka disc ini bakal menjadi media penyimpanan terkuat sepanjang sejarah. Karena media penyimpanan awam yang kita pakai, yaitu hard disk, memiliki kerentanan yang cukup, dengan 3 sampai 10% hard disk mengalami kerusakan per tahunnya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)