Tim Garuda Baru Terbang ke Brasil untuk Mengikuti Ajang SCWC 2014Jakarta – Dua tim Garuda Baru terbang menuju Brasil untuk mengikuti kompetisi Street Child World Cup (SCWC) 2014. Sebanyak 18 negara akan ikut berpartisipasi dalam turnamen yang diadakan di Rio de Janeiro tersebut, yang dijadwalkan berlangsung pada 28 Maret hingga 6 April 2014.

SCWC sendiri telah diadakan sejak tahun 2013, sehingga tahun ini merupakan tahun kedua kompetisi tersebut. Namun demikian, ini adalah kali pertamanya Indonesia ikut berpartisipasi dalam kompetisi sepakbola anak berskala internasional tersebut. Adapun negara-negara yang iktu tampil antara lain, Brasil sang tuan rumah, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Argentina, Burundi, El Salvador, Filipina, India, Inggris, Kenya, Liberia, Mesir, Mauritius, Mozambik, Nikaragua, Pakistan, Tanzania, dan Zimbabwe.

Tim Garuda Baru sendiri diprakarsai oleh Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN). Untuk program seleksi dari SCWC 2014 sendiri telah dilakukan sejak Juni 2013 lalu, hingga Maret 2014. Seleksi ini melibatkan anak jalanan di tujuh kota pilihan di Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Medan, Makassar, Palembang, Surabaya, dan Yogyakarta. Lebih dari 400 anak jalanan mengikuti seleksi ini.

Indonesia memberangkatkan dua tim Garuda Baru, beranggotakan 18 orang anak yang terdiri dari 9 orang untuk Tim Putra dan 9 orang untuk Tim Putri.

Tim Putra Garuda Baru terdiri atas Jordan Phang, Karyono, Maruli, dan Suharja dari Jakarta, Mohamad Malik, Muhammad Mukfi, Rizky Ramadhani, dan Yusuf Eko Saputro dari Surabaya, serta Budi Prasetya Gautama dari Medan.

Tim Putri Garuda Baru terdiri dari Kurnia Mutiara Putri, Mega Puji Astuti, Neng Yenni, Rosana, Yuliana Ainun Hajar Sitompul, Selvia, dan Suharti dari Jakarta, Siti Nur Qomariah Surabaya, dan Siti Nurjanah dari Bandung.

Turnamen yang akan diadakan di lapangan Estr. Frei Tiburcio, Rio de Janeiro tersebut akan dibagi menjadi 3 grup. Tim Putra Garuda Baru masuk ke dalam grup 1 Afrika Selatan, Brasil, Liberia, dan Mesir, sementara Tim Putri Garuda Baru masuk ke dalam grup 1 bersama Brasil dan Zimbabwe.

Adapun keberangkatan tim Garuda Baru juga mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah asal anak-anak tersebut. Pihak lain yang juga mensponsori tim ini adalah Semen Indonesia, Bank BRI, dan Jakarta Monorail.

Adapun turnamen SCWC ini merupakan kegiatan yang diadakan sebagai ajang pertemuan anak jalanan dari seluruh dunia. Misi utama kegiatan ini adalah untuk menyuarakan bahwa setiap anak adalah berharga dan harus diakui serta dipandang oleh masyarakat. Karena anak merupakan generasi harapan bangsa, dan dunia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)