Jadwal & Prediksi Barcelona VS Athletic Bilbao, Wajib Amankan Tiga PoinBarcelona – Barcelona berniat untuk mengakhiri rangkaian buruk tiga kekalahan beruntun saat akan menjamu Athletic Bilbao di Camp Nou dalam lanjutan jornada ke-34 La Liga yang dijadwalkan bakal berlangsung pada Senin (21/4) dini hari pukul 02.00 WIB. Seperti dilansir dari Liga BBVA (Sabtu, 19/4/2014), La Blaugrana bertekad untuk tetap menjaga asa terakhir mereka musim ini dengan menjuarai La Liga sekaligus mengembalikan harga diri di hadapan publik Camp Nou setelah sebelumnya menuai tiga kekalahan beruntun.

Tiga kekalahan beruntun itu memberikan multiple-effect bagi Los Cules, yaitu merosot ke posisi tiga klasemen La Liga, tersingkir dari Liga Champions, kalah di final Copa del Rey dan tambahan pemain yang masuh daftar cedera. Hal tersebut yang membuat harapan terakhir Barcelona adalah dengan menjuarai La Liga, yang tentu saja tak mudah karena saat ini Barca terpaut 7 poin dari Atletico Madrid di puncak klasemen.

Walaupun bertekad mengamankan poin penuh, Gerardo Martino dipastikan tak dapat menurunkan komposisi terbaiknya setelah banyak pemain yang harus absen karena didekap cedera. Nama yang terbaru adalah Neymar (cedera metatarsal) dan Jordi Alba (cedera harmstring), yang akhirnya menyusul Isaac Cuenca, Victor Valdes dan Gerard Pique untuk masuk daftar panjang pemain Barca yang cedera.

Selain masalah cedera, Sergio Busquets juga akan absen karena menjalani sanksi suspensi, sehingga Alex Song akan tampil mengisi posisinya. Sedangkan di lini belakang, Carles Puyol dan Marc Bartra masih diragukan untuk tampil, tetapi nama yang disebut terakhir kemungkinan besar akan tetap dimainkan sebagai starter bersama Javier Mascherano.

Tak jauh berbeda dengan tuan rumah rumah, Athletic yang musim ini tampil apik juga harus kehilangan beberapa pemain pilar. Ibai Gomez, Kike Sola, Mikel Rico dan Carlos Guspergi bakal absen karena cedera. Khusus Mikel Rico, ia sempat pulih dari cedera sebelum cedera engkelnya kambuh lagi di awal pekan ini. Namun Ernesto Valverde masih berharap dapat mengulang sukses kemenangan di San Mames atas klub raksasa Catalan ini.

Walaupun sama-sama dilanda badai cedera, El Barca tetap lebih diunggulkan karena kualitas pemain pelapis yang lebih baik. Prediksi Harian Indo tuan rumah akan mampu mengamankan poin penuh dari hasil kemenangan tipis. (Choirul Anam – www.harianindo.com)