KIA Soul dan Sportage Terkena RecallLondon – KIA saat ini telah mengumumkan adanya recall atau penarikan kembali kepada 2 seri mobil keluarannya. Rencananya akan ada sekitar 5.787 unit mobil Sportage dan KIA Soul sekitar 1.432 unit yang akan direcall oleh produsen mobil yang berasal dari Korea ini.

Seperti yang dikutip dari situs resminya, Rabu (14/5/2014), bahwa nantinya KIA Motors (UK) Limited akan menarik sekitar 7.000 unit mobil dikarenakan terjadinya permasalah di seat-belt pre-tensioner nya.

Walaupun memang untuk saat ini KIA belum menemukan catatan kecelakaan dikarenakan kerusakan dari seat-belt pre-tensioner, namun berdasarkan yang didapatkan oleh KIA memang banyak ditemukan seat-belt pre-tensioner yang tidak berfungsi dengan baik.

Untuk diketahui bahwa recall ini hanya diberlakukan di Inggris dengan produksi mobil KIA Sportage dan Soul di bulan Oktober 2011 dan November 2012 yang telah diproduksi di Zilina, Slovakia. Sedangkan untuk KIA Soul yang diproduksi di Kwangju, Korea yang dikenakan recall adalah untuk tahun produksi Agustus 2011 dan Maret 2012.

Terkait hal ini KIA telah memastikan bahwa perbaikan akan seat belt pre tensioner ini sama sekali tidak membutuhkan waktu yang lama, karena perbaikannya hanya butuh waktu sekitar 2 jam. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)