Spesifikasi BlackBerry Q30, Fitur QWERTY Unik, Harga Belum Jelas

(Sumber foto: N4BB)

Waterloo – Perkembangan informasi BlackBerry Q30 telah lama ditunggu oleh konsumen, pengamat dan media internasional. Produk smartphone ini digadang-gadang bakal menjadi satu produk kelas atas dari BlackBerry yang diharapkan akan kembali mengangkat nama mereka di pasar smartphone.

Seperti diansir dari Digital Trends (Selasa, 3/6/2014), BlackBerry Q30 akan memiliki fitur unik, yakni sebuah keypaad QWERTY fisik, dengan tanpa tombol angka atau bahkan tanda baca. Produk ini juga akan ‘dibingkai’ dengan bahan stainless steel, serupa dengan BlackBerry Z10 dan Bold 9930.

BlackBerry Q30 akan memiliki layar 4 inchi dengan resolusi 1440 x 1440. Layar ini akan memiliki kerapatan pixel hingga 480ppi. Q30 akan ditenagai oleh prosesor quad-core Snapdragon dengan GPU Adreno 330 untuk menghandel urusan grafisnya. Terdapat juga RAM sebesar 3GB, kamera belakang 13-megapixel, dan baterai non-removable 3450mAh. Baterai ini disebut-sebut bisa bertahan hingga seharian penuh.

Untuk port chargernya berada di bagian bawah body, seperti yang bisa dilihat pada BlackBerry Z30. Speaker bisa ditemukan di bagian bawah dan atas bodi. Sebuah ‘bukaan’ di bagian belakang berguna untuk port microSD dan tray SIM card.

Adapun sampai saat ini informasi yang bocor hanya mengenai spesifikasi teknis, sementara harga dan jadwal perilisan belum jelas.

Lalu, apa yang unik dari tombol QWERTY tadi? Dikabarkan bahwa jejeran tombol tersebut bekerja layaknya trackpad. Bila anda mengetik pada tombol QWERTY tersebut, geserkan jari anda dari kanan ke kiri untuk menghapus kata.

Jika user ingin menggunakan browser, ubah ke mode landscape dan scroll ke atas atau ke bawah pada tombol QWERTY tadi. Ketika anda mengetik, tiga kolom akan muncul, yang berisi kata yang direkomendasikan. Kata-kata ini tentu dalam bahasa Inggris, setidaknya sampai saat berita ini bocor.

Apakah Q30 benar-benar akan menjadi penyelamat BlackBerry? Tentu hal ini juga belum pasti. Namun bila keunikan fitur tombol QWERTY tadi mampu menarik konsumen, bukan tidak mungkin produk ini akan membawa BackBerry menuju kebangkitannya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)