Menteri Perdagangan Australia Ingin Negaranya Tingkatkan Hubungan Dagang Dengan IndonesiaMelbourne – Setelah menjalani pertemuan dengan Suryo Sulisto, kepala asosiasi dagang Indonesia, menteri perdagangan Australiam Andrew Robb, semakin yakin jika pihaknya harus meningkatkan hubungan dagang dengan Indonesia. Seperti dilansir dari The Malay Mail Online (Jumat, 6/6/2014), Robb juga menyampaikan jika Australia seharusnya menjadikan Indonesia bukan hanya sebagai mitra dagang, tetapi juga menjadikan Indonesia menjadi salah satu dari 10 besar mitra dagang terbaiknya.

Robb berpendapat jika kebijakan percepatan pertumbuhan perdagangan dan investasi yang kini tengah dilakoni negaranya akan menjadi sia-sia jika tidak memasukkan Indonesia menjadi salah satu partner utama. Pasalnya Indonesia memiliki potensi yang dibutuhkan oleh Australia untuk mencapai tujuannya. Kerjasama yang saling menguntungkan tentunya menjadi tujuan dari maksud Robb ini.

Kini Australia tercatat memiliki hubungan dagang yang sangat erat dengan Malaysia dan Thailand. Robb bahkan berpendapat jika potensi Indonesia masih lebih besar kendati dua negara tersebut digabungkan.

Hubungan bilateral antara kedua negara yang selama ini sangat erat memang akhir-akhir ini mendapatkan ujian. Peristiwa penyadapan yang dilakukan Australia terhadap pemerintahan Indonesia mau tak mau akan mempengaruhi hubungan kedua negara di bidang apapunke depannya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)