Akankah Produksi Subaru BerhentiJakarta – Pihak Toyota menggandeng BMW dalam rangka untuk pengembangan atas varian terbaru mobil sportnya. Alhasil dengan adanya kerjasama tersebut berdampak pada produk Subaru BRZ.

Bahkan dikabarkan nasib dari mobil sport Subaru BRZ ini masih terkatung-katung, hal ini dikarenakan Toyota lebih memilih BMW untuk pengembangan generasi terbaru dari Toyota 86. Seperti yang dikutip dari drive, Sabtu (28/6/2014), Kepala pengembangan Toyota 86, Tetsuya Tada mengungkapkan bahwa keputusan untuk tidak melibatkan Subaru.

Karena pihak Toyota dan BMW akan memperdalam kerjasama atas mobil sport, sedangkan keberadaan dari Subaru saat ini masih terus dipertimbangkan. Dengan demikian generasi terbaru dari Toyota 86 ini masih akan berkelanjutan karena menggandeng BMW dan ditinggalkannya Subaru.

Dengan adanya kabar ini sangat mengejutkan, karena selama ini Toyota dan Subaru masih harmonis. Terlebih lagi Toyota mempunyai 20 persen dalam perusahaan induk Subaru, Fuji Heavy Industries, bahkan saat ini keduanya memiliki komitmen atas riset pengembangan dan produksi mobil.

Sebagaimana yang diketahui bahwa apabila Fuji Heavy Industries ini memiliki merek Subaru, sayangnya mereka akan menghentikan pembuatan mobil Toyota Camry. Dimana selama ini Subaru memproduksi Camry untuk Toyota tepatnya ada di pabrik Lafayette, Indiana, Amerika Serikat. Nantinya Camry rencananya akan diproduksi oleh pihak Toyota Motor Manufacturing, Kentucky, Inc., di Georgetown, Kentucky. (Choirul Anam – www.harianindo.com)