Pendaftaran CPNS 2014: Pendaftar Capai 1,46 Juta Orang

advertisement:


13/09/2014

Pendaftaran CPNS 2014: Pendaftar Capai 1,46 Juta OrangJakarta – Minat masyarakat Indonesia untuk mengabdikan diri dan bekerja untuk kepentingan negara tampaknya begitu besar. Hal tersebut terlihat dari jumlah pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun anggaran 2014 ini. Menurut catatan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2014, jumlah pendaftar yang telah masuk mencapai 1.461.335 orang dalam tiga pekan terakhir.

Jumlah tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suryatman. Herman melanjutkan bahwa 1,46 juta pelamar tersebut tersebar di 272 instansi.

Baca pula
Info CPNS 2014: 23 Instansi Pusat Masih Buka Pendaftaran CPNS
Info CPNS 2014: 43 Instansi Pusat dan 2 Instansi Daerah Telah Tutup Pendaftaran CPNS

Adapun sebelumnya, Bima Haria Wibisana, Wakil Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), telah memprediksi bahwa pendaftaran CPNS di tahun ini akan diserbu oleh sekitar dua jutaan pelamar, sementara pemerintah hanya membuka total 100 ribu lowongan. Prediksi tersebut mungkin meleset, namun juga bukan angka yang kecil.

Sebagai perbandingan, untuk seleksi CPNS tahun lalu, jumlah total pendaftar seleksi CPNS hanya menyentuh satu jutaan orang. Perbedaan terbesar penerimaan CPNS tahun ini dan tahun lalu adalah, pada seleksi tahun 2014 ini, pendaftar hanya diperbolehkan melayangkan lamarannya ke satu instansi saja. Dalam satu instansi tersebut, nantinya pelamar diberi hak memilih maksimal tiga posisi atau jabatan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery