Berita ISIS Terkini: Menlu Inggris Harapkan Iran Gabung Koalisi Atasi ISIS

advertisement:


18/09/2014

Berita ISIS Terkini: Menlu Inggris Harapkan Iran gabung Koalisi Atasi ISIS

Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond.
(sumber foto: Reuters)

Paris – Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, mengutarakan harapannya agar Iran bersedia bergabung dengan koalisi negara-negara yang akan membantu Irak dan Suriah untuk mengatasi isu kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Menurut Hammond, Iran juga memiliki peran kunci dalam koalisi yang dibentuk oleh Amerika Serikat tersebut.

Seperti dilansir dari Fars News Agency (Rabu, 17/9/2014), Hammond mengatakan bahwa terdapat kemungkinan bahwa Iran tidak akan mau bergabung ke dalam koalisi ini. Namun demikian, dirinya tetap mengharapkan bahwa Iran tetap bersedia bersikap kooperatif terhadap rencana-rencana yang nantinya akan dirancang oleh pihak koalisi.

Pentingnya peran Iran dalam isu ISIS tersebut juga ditegaskan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon. Oleh karena itu, Ban menghimbau kepada semua pihak yang berkepentingan untuk lebih intensif lagi melakukan interaksi dengan Iran dalam kaitannya dengan isu ISIS di Irak maupun Suriah.

Baca pula:
Berita ISIS Terkini: Serangan Pasukan Kurdi Tewaskan Petinggi ISIS
Berita ISIS Terkini: Ancam Eksekusi Sopir Taksi Asal Inggris

Dalam sebuah konferensi pers di New York, AS, Ban sempat mengatakan bahwa Iran mampu menjalankan peran yang efektif serta konstruktif dalam penyelesaian krisis regional di Timur Tengah, termasuk di antaranya di Irak, Suriah, dan Yaman.

Iran memang sebelumnya menyatakan akan memberikan bantuan kepada Irak dan Suriah terkait isu ISIS, namun mereka tidak bersedia bergabung dengan koalisi negara-negara pemberi bantuan lainnya, yang beranggotakan beberapa negara Timur Tengah dan beberapa negara Barat. Hal tersebut cukup masuk akal, mengingat pencetus koalisi ini tak lain adalah AS, negara yang notabene selalu bertentangan dengan Iran. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery