Home > Gaya Hidup > Inilah Beberapa Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Inilah Beberapa Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Jakarta – Tidur merupakan salah satu siklus kegiatan yang sangat penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Bila itu tidak dilakukan dengan baik maka akan mempengaruhi perjalanan siklus yang lain, seperti kesehatan jadi terganggu, tingkat kewaspadaan jadi berkurang, atau jadi bad mood.

Inilah Beberapa Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Selain kualitas tidur, posisi tidur juga ternyata dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Penelitian dari Consultant Internal Medicine, Fortis Hospital, India, mengungkapkan tidur dengan posisi miring ke kiri akan memberikan beberapa manfaat kesehatan.

1. Mengurangi dengkuran
Tidur dengan posisi telentang akan mendorong otot lidah ke bagian atas mulut yang menyebabkan masalah pernapasan dan berakhir dengan munculnya dengkuran. Sementara tidur miring ke kiri membuat posisi tubuh jadi netral sehingga bisa mencegah terjadinya dengkuran.
Selain mampu mengurangi dengkuran, tidur dengan posisi miring ke kiri juga bermanfaat untuk mencegah Obstructive Sleep Apnea atau OSA.

2. Mencegah naiknya asam lambung
Tidur dengan miring ke sisi kiri akan memindahkan asam lambung ke perut, bukannya malah mendorong ke kerongkongan. Kebalikannya, tidur miring ke kanan malah akan menaikkan asam lambung dan menimbulkan sensasi seperti panas terbakar di kerongkongan.

3. Memperbaiki kesehatan pencernaan
Tidur miring ke kiri membuat pergerakan limbah makanan dari usus kecil ke usus besar akan menjadi lebih mudah sehingga bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan.

4. Menyehatkan sistem kelenjar getah bening
Tidur miring ke kiri akan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk menyaring racun, limbah dalam tubuh, serta cairan getah bening. Hal ini terjadi karena sisi limfatik sebelah kiri jadi lebih dominan yang kemudian merangsang aliran limbah ke saluran toraks yang juga terletak di sebelah kiri.

5. Meningkatkan sirkulasi darah
Bagi wanita hamil, tidur miring ke kiri akan bermanfaat untuk mendukung kesehatan janin, jantung, dan ginjal. Sebabnya tidur miring ke kiri akan membuat aliran darah jadi optimal dan sirkulasi darah membaik.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Selai Kacang Ternyata Bisa Bantu Deteksi Alzheimer

Selai Kacang Ternyata Bisa Bantu Deteksi Alzheimer

Jakarta – Baru-baru ini, banyak kabar yang menyebutkan bahwa minuman sampanye membantu mengobati munculnya demensia ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis