Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Dampak dari Hobi Menggigit Kuku

Inilah Beberapa Dampak dari Hobi Menggigit Kuku

Jakarta – Punya kebiasaan menggigit kuku semasa kanak-kanak hingga sekarang? Selain karena kebiasaan, menggigit kuku biasanya disebabkan oleh rasa gugup, stres, atau hanya iseng semata. Padahal, menggigit kuku punya dampak buruk bagi kesehatan.

Inilah Beberapa Dampak dari Hobi Menggigit Kuku

Sebagaimana diberitakan Thehealthsite pada Kamis (4/5/2017), ini dia dampak negatif menggigit kuku yang perlu Anda ketahui.

Jari yang meradang
Komposisi kimia air liur dapat merusak kulit ujung jari Anda. Menggigit kuku bisa menimbulkan sisik, apalagi air liur yang ada bisa mengotor kulit jari Anda.

Kelainan bentuk kuku
Kuku jari Anda memiliki lapisan degeneratif yang disebut matriks. Kebiasaan menggigit kuku bisa merusak matriks kuku dan menyebabkan kelainan bentuk kuku.

Infeksi kuku
Ketika gigi melakukan kontak intens pada kuku dan jari, kemungkinan bakteri patogen dalam mulut bisa menyebabkan infeksi. Salah satunya jenis infeksi paronychia, infeksi ini disertai pembengkakan, nyeri, kemerahan, dan benjolan nanah.

Penyebaran virus di dalam perut
Apakah Anda ingat benda apa saja yang disentuh dengan menggunakan tangan? Ada banyak bakteri yang terjebak pada kuku Anda. Mengigigitnya sama saja memasukkan kuku kuman ke dalam mulut. Virus yang masuk bisa menyebabkan flu, bahkan infeksi perut.

Gingivitis
Kebiasaan menggigit kuku juga dapat menghancurkan gigi dan suatu saat menyebabkan gigi bengkok. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopaedics, menggigit kuku kronis juga dapat menyebabkan radang gusi.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Wanita Ini Pensiun di Usia 28 Tahun dengan Tabungan Rp 26 Miliar. Ini Dia Resepnya

Wow, Wanita Ini Pensiun di Usia 28 Tahun dengan Tabungan Rp 26 Miliar. Ini Dia Resepnya

Jakarta – Seorang wanita di New York, Amerika Serikat, memutuskan untuk pensiun dini di usia ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis