Cupertino – Berbagai isu iPhone terbaru terus beredar. Kali ini, rumor iPhone dikabarkan dapat mengeluarkan kelebihan air yang masuk melalui beberapa celah.

Apple Diisukan Bakal Pakai Fitur Eject WaterApple Diisukan Bakal Pakai Fitur Eject Water

Sebagaimana diberitakan Mashable pada Sabtu (6/5/2017), fitur tersebut bakal membuang kelebihan air dari earpiece atau speaker iPhone. Tujuannya, menjaga iPhone tetap kering. Selain itu, smartphone tersebut melakukan pencegahan kerusakan komponen internal karena cairan.

Paten itu menggambarkan dua bagian penutup layar meshing, bagian hidrofobik untuk menahan masuknya cairan dan bagian hidrofilik untuk membantu pembuangan cairan pada ruang audio iPhone.

Untuk memantau proses pelepasan cairan, sinyal akustik dapat dihasilkan oleh speaker yang akan membantu mendeteksi dan mengeluarkan cairan. Ini seperti fitur yang ada pada Apple Watch Series 2 yang disebut eject water mode.

iPhone sebelumnya telah dibekali fitur tahan air, namun saat ini belum ada mekanisme untuk mengeluarkan air dari speaker, mikrofon, atau lightning port. Namun ini hanya sebuah paten sehingga tak dapat dipastikan akan benar-benar menyokong iPhone 8. (Tita Yanuantari – harianindo.com)