Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Warga Prancis Bengong Melihat Ibu di Gorontalo Goreng Pisang Dengan Tangan

Warga Prancis Bengong Melihat Ibu di Gorontalo Goreng Pisang Dengan Tangan

Jakarta – Masih ingat seorang ibu penjual pisang goreng di Gorontalo yang menggoreng pisangnya dengan hanya menggunakan tangannya?

Warga Prancis Bengong Melihat Ibu di Gorontalo Goreng Pisang Dengan Tangan

Ya, ibu bernama Hartin Maliki (58) itu memang bukan penjual pisang goreng sembarangan. Ia biasa menggoreng pisang goreng dagangannya dengan tangan kosong alias tanpa alat, meski harus membolak-balik pisang di dalam minyak panas.

‘Kesaktian’ wanita yang biasa dipanggil Ta Nou ini bermula ketika dirinya mendapatkan bisikan pada 11 tahun lalu. Bisikan tersebut memintanya untuk mencelupkan tangan kanannya ke dalam minyak panas.

Dengan mengucapkan ‘bismillahirahmanirrahim’ Ta Nou kemudian mencelupkan tangan kanannya ke dalam minyak goreng panas dan, ia tidak mengalami cidera.

“Rasanya hanya hangat saja, tidak panas. Orang-orang yang mengantre pisang semuanya melotot melihat saya menggoreng pisang pakai tangan,” kenang Ta Nou.

Hingga kemudian ketenaran Ta Nou ini terdengar oleh Fadel Muhammad, saat masih menjabat sebagai Gubernur Gorontalo.

Pada tahun 2008 lalu, ibu dari tiga orang anak ini bahkan diundang ke Prancis untuk mendemontrasikan kebolehannya dalam menggoreng pisang.

Ta Nou mengatakan, seorang bule yang menyaksikannya kebolehannya tersebut menjadi terheran-heran dan takjub. Bule teresbut bahkan kemudian memberinya yang 20 euro.

Dalam beberapa kesempatan, Ta Nou juga kerapkali diajak oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk lawatan budaya ke beberapa daerah di Indonesia.

“Saya percaya Allah SWT yang mengatur hidup ini, semua ini berasal dari-Nya dan kami sekeluarga bersyukur atas kenikmatan ini,” ungkap Ta Nou.

Atas kerja kerasnya dari menggoreng pisang, Ta Nou bisa membiayai pendidikan dari ketiga orang anaknya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resep Takjil : Gurih Bubur Suji Ayu

Resep Takjil : Bubur Suji Ayu

Jakarta – Setiap daerah di Indonesia memiliki bubur manis sendiri. Menjelang berbuka tidak ada salahnya ...