Jakarta – Angka pencurian motor masih cukup tinggi di Indonesia. Karena itu, pemilik motor biasanya melengkapi kendaraannya dengan berbagai macam perangkat pengamanan tambahan guna mencegah terjadinya pencurian.

Begini Tips Mudah Untuk Mencegah Pencurian Motor

Namun demikian, sebenarnya ada beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan guna mengantisipasi terjadinya pencurian motor.

1. Kunci Setang Menghadap ke Kanan
Kunci setang menghadap ke kanan. Langkah ini dinilai akan mempersulit pencuri memasukkan kunci T yang biasa dipakai untuk membuka kunci motor. Posisi setang ke kanan akan menghalangi lubang kunci dan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk membobol lubang kunci. Namun demikian langkah ini tidak berlaku bagi motor sport yang lubang kuncinya terletak di tengah.

2. Melepas CDI
CDI (capacitor discharge ignition) merupakan alat yang berfungsi untuk menjalankan proses pengapian pada motor dengan sistem karburator. Pada motor matik yang masih menggunakan sistem karburator, letak CDI relatif mudah dijangkau, yakni biasanya terletak di bawah bagasi. Dengan melepas CDI, otomastis mesin motor tidak akan bisa menyala. Ukuran CDI yang kecil juga memudahkan pemilik motor untuk membawanya bila motor ditinggal di tempat parkir.

3. Parkir di Posisi Terdalam
Memarkir motor di baris terdalam tentu saja akan menyulitkan bagi maling motor untuk melancarkan aksinya.
(samsul arifin – harianindo.com)