Jakarta – Hidup di era modern serta canggih seperti saat ini telah membuat kehidupan masyarakat semakin mudah. Apalagi beragam teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan dan aktivitas manusia. Mulai dari teknologi selular, internet, hingga aneka produk elektronik penunjang kegiatan rumah tangga.

Ingin Membeli Produk Elektronik? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Khusu untuk barang elektronik, Anda harus jeli serta berhati-hati saat akan membelinya. Jika tidak, Anda akan kecewa karena belakangan baru tahu kalau produk tersebut ternyata kualitasnya mengecewakan atau cepat rusak. Apalagi, produk elektronik rata-rata harganya tidak murah. Kecanggihan teknologi dan kemudahan yang ditawarkan membuat harganya relatif mahal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan:

1. Ketahui dengan baik produk yang akan Anda beli
Cari informasi sedetail mungkin mengenai produk tersebut. Bisa melalui brosur, browsing di internet, atau mencari tahu langsung ke toko resmi. Jika perlu, lakukan komparasi dengan produk sejenis dari merek berbeda agar Anda semakin yakin mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda.

2. Beli di agen resmi
Membeli di agen resmi menjamin keaslian produk elektronik. Bukan rahasia jika saat ini banyak sekali produk elektronik tiruan alias barang KW. Mungkin harga di agen resmi sedikit lebih mahal dibandingkan di toko lain. Namun Anda bisa membawa pulang produk elektronik itu dengan tenang, karena barangnya dijamin asli. Produk asli biasanya lebih berumur panjang, asalkan digunakan sesuai petunjuk.

3. Kartu garansi
Perhatikan untuk meminta kartu garansi yang telah dicap oleh agen resmi. Dengan berbekal kartu garansi, Anda tak perlu khawatir jika suatu hari terjadi kerusakan dalam rentang masa garansi.

4. Banyak bertanya
Anda bisa bertanya kepada teman yang sudah memiliki produk tersebut. Atau cari testimoni para pembeli di internet. Testimoni pembeli biasanya lebih dapat dipercaya karena mereka sudah punya pengalaman menggunakan produk tersebut.

5. Beli dari produsen terpercaya
Produsen terpercaya bisa menjadi jaminan bahwa produk mereka berkualitas dan jarang mengecewakan. Pertimbangkan pula untuk membeli dari produsen yang telah puluhan tahun merilis produk elektronik tanpa banyak komplain pelanggan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)