Jakarta – Nama Komando Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah masuk ke dalam daftar menteri pada Kabinet Kerja Jokowi – Maruf Amin yang belakangan beredar pad aplikasi perpesanan WhatsApp.

Walaupun belum ada sikap politik resmi AHY, namun TKN Jokowi – Maruf menyerahkan hal tersebut sepenuhnya ke Jokowi.

“Menurut saya itu dikembalikan pada Pak Jokowi soal AHY,” kata Juru Bicara TKN Jokowi – Maruf, Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (03/07/2019).

Sebagaimana diketahui, AHY sempat memenuhi undangan Jokowi untuk datang ke Istana Merdeka. Banyak spekulasi yang merebak pada waktu itu, salah satu isu yang dibahas merapatnya Partai Demokrat ke kubu Jokowi – Maruf Amin.

Namun, ada isu santer bahwa AHY digadang-gandang akan ambil bagian di kabinet Jokowi, karena dipandang sosok muda yang kompeten.

Terkait itu, Ace menganggap bahwa hubungan yang dibangun antara putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Jokowi hanya untuk kepentingan rekonsiliasi setelah Pilpres 2019. Apalagi Partai Demokrat tidak terlihat ‘ngotot’ saat Prabowo – Sandiaga berjuang di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk membuktikan adanya kecurangan selama Pilpres 2019 berlangsung.

“Saya kira kalau kita lihat dari sikap AHY sendiri dan Demokrat sendiri dalam berbagai kesempatan kan juga tidak menunjukkan satu pandangan-pandangan yang sifatnya diametral,” ujarnya.

“Kecenderungannya kan saya kira mau melakukan rekonsiliasi politik,” tandasnya. (Hari-hariaindo.com)