Berita ISIS Terkini: Pasukan Kurdi Rebut Kembali Wilayah Gunung

advertisement:


7/09/2014

Berita ISIS Terkini: Pasukan Kurdi Rebut Kembali Wilayah GunungBaghdad – Pasukan Kurdi di wilayah utara Irak dilaporkan berhasil merebut kembali kendali atas sebuah wilayah gunung yang strategis dari tangan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), atau yang memiliki nama baru Islamic State (IS) saja. Operasi perebutan kembali wilayah gunung tersebut juga didukung oleh serangan udara dari Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 6/9/2014), wilayah yang dimaksud adalah Gunung Zartak. Mengapa wilayah ini dinilai strategis secara kemiliteran? Hal tersebut dikarenakan gunung ini bisa dijadikan lokasi untuk mengawasi dataran yang terbentang hingga Kota Mosul. Pihak yang memiliki jarak pantau dan pengamatan yang lebih luas tentu sangat diuntungkan di medan tempur.

Komandan dari pasukan elit Kurdi yang berhasil mengambil alih Gunung Zartak, Jenderal Aziz Oweisi, mengatakan bahwa perebutan kembali gunung tersebut sangatlah krusial. Gunung ini bisa menjadi satu langkah besar menuju pembebasan Kota Mosul.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: AS Bantah Kerja Sama dengan Iran Terkait ISIS
Berita ISIS Terkini: NATO Segera Dukung Serangan AS ke Irak

Wilayah Gunung Zartak jatuh ke tangan ISIS ketika mereka melakukan serangan kilat ke beberapa wilayah sekaligus di Irak pada awal pergerakan mereka beberapa bulan lalu. Sejak itu, perlawanan dan desakan pasukan Peshmerga Kurdi, dibantu dengan serangan udara AS, telah perlahan namun pasti mendorong keluar anggota ISIS dari gunung tersebut. Pasukan Kurdi mengatakan bahwa serangan udara AS sangatlah berperan besar dalam suksesnya operasi mereka.

Adapun beberapa desa yang berada di dataran Nineveh saat ini masih berada dalam kendali ISIS. Namun pasukan Kurdi telah berhasil mendominasi, sehingga terusirnya ISIS tinggal masalah waktu saja. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery