Home > Ragam Berita > Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan

Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan

Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan PerikananJakarta – Senin (27/10) siang Presiden Joko Widodo telah melantik susunan menteri yang akan bekerja dalam kabinetnya. Salah satu nama terpilih yang mencuri perhatian ialah Susi Pudjiastuti yang ditunjuk menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK 2014-2019. Berikut ini Harian Indo tampilkan sekilas profil dari Susi Pudjiastuti.

Saat memperkenalkan sosok Susi Pudjiastuti, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa beliau adalah sosok perempuan pekerja keras yang memulai usaha dari titik terbawah, yakni dengan berjualan ikan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Baca juga:
Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Retno Marsudi, ‘Menteri Luar Negeri’ Perempuan Pertama Indonesia
Kabinet Kerja Jokowi-JK: Puan Maharani Segera Tanggalkan Jabatan di PDI Perjuangan
Kabinet Kerja Jokowi-JK: Megawati Hadiri Pelantikan di Istana Presiden

Wanita kelahiran Pangandaran, 15 januari 1965, ini memang pernah berjualan di tempat pelelangan ikan di Pantai Pangandaran, tanah kelahirannya, saat masih berusia remaja. Bahkan saat itu dirinya memilih untuk berhenti dari SMA demi pekerjaannya tersebut.

Berkat keuletannya, Susi Pudjiastuti sukses menjelma menjadi pengusaha ekspor ikan beromzet milyaran rupiah per bulan. Ia juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti Marine Prodeuct, sebuah perusahaan eksportir hasil perikanan yang penjualannya tersebar di seluruh Asia dan Amerika.

Istri dari lelaki berkebangsaan Jerman, Christian von Strombeck, ini juga menjadi pendiri maskapai penerbangan Susi Air. Selain itu dirinya juga memiliki sekolah penerbangan bernama Susi Flying School lewat PT. ASI Pudjiastuti Flying School.

Anak dari juragan sapi, Haji Ahmad Karlan dan Hajah Suwuh Lasminah, ini juga mengoleksi sejumlah penghargaan, beberapa di antaranya ialah Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter tahun 2005 dari Presiden RI, serta Young Entrepreneur of the Year di tahun 2005 dari Ernst and Young Indonesia dan masih banyak lainnya.

Namun tidak semua pihak senang dengan menteri pilihan Presiden Jokowi satu ini. Tak sedikit yang kecewa dengan ditunjuknya sosok Susi Pudjiastuti dengan beragam alasan. Ada yang menggunjingkan gayanya berpakaian, kemunculannya yang tiba-tiba di dunia politik, serta banyak juga yang mencibir sikapnya yang cuek merokok di Istana Negara di depan para jurnalis. Tapi alangkah baiknya jika kita menunggu kiprah dari Susi Pudjiastuti ke depannya, lantas baru berkomentar lebih jauh. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Dinilai Paling Cocok Didampingi Mahfud MD atau Ma’ruf Amin

Jokowi Dinilai Paling Cocok Didampingi Mahfud MD atau Ma’ruf Amin

Jakarta – Hingga saat ini, Presiden Jokowi dan partai koalisi pendukungnya belum juga mengumumkan siapa ...