Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terbaru: Pergerakan ISIS Ancam Provinsi Anbar, Irak

Berita ISIS Terbaru: Pergerakan ISIS Ancam Provinsi Anbar, Irak

Berita ISIS Terbaru: Pergerakan ISIS Ancam Provinsi Anbar, Irak

(sumber foto: AFP)

Baghdad – Update terbaru pergerakan kelompok Islamci State of Iraq and Syria (ISIS) mengatakan bahwa manuver kelompok tersebut sedang mengancam Provinsi Anbar. Terkait hal ini, pejabat Irak di provinsi tersebut pun meminta pengiriman bantuan dan keterlibatan seluruh pihak untuk menghadang pergerakan ISIS yang semakin menyebar di wilayah tersbeut.

Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 10/10/2014), tiga pekan terakhir ini ISIS telah menguasai dua markas militer Irak di Provinsi Anbar. Bahkan, pertempuran sengit saat ini masih terjadi di ibukota provinsi tersebut, yaitu Ramadi.

Serangan udara dari negara-negara koalisi anti-ISIS ke wilayah ini sementara masih dihentikan. Hal tersebut lantaran koalisi tengah memfokuskan pertahanan pada bendungan Haditha, yang mereka nilai lebih strategis.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Ratusan Warga Masih Terperangkap di Kobani
Berita ISIS Terkini: Masih Kuasai Sepertiga Kota Kobani

Kantor berita AFP melaporkan bahwa pejabat militer Amerika Serikat, selaku penggerak utama koalisi anti-ISIS, mengatakan bahwa situasi di Anbar saat ini “lemah”. Tidak begitu jelas apa maksud perkataan mereka ini.

Adapun beberapa kalangan menilai bahwa jika sampai Provinsi Anbar jatuh ke tangan ISIS, maka kelompok ekstrimis tersebut akan bisa mengendalikan wilayah yang membentang dari sekitar perbatasan Irak-Turki sampai ke pinggiran Ibukota Irak, Baghdad. Jadi, keberadaan Provinsi Anbar ini sebenarnya juga sangat strategis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Empat Orang Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Empat Orang Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Sumenep – Empat orang calon jemaah haji asal Sumenep, Jawa Timut dilaporkan gagal berangkat kerena ...